Sukses


Ketua MPR Ajak Anggota PAW Tetap Semangat Bertugas pada Masa Akhir Jabatan

Ketua MPR ajak anggota baru kawal demokrasi konstitusional.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulfikli Hasan, memberi ucapan selamat kepada anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) MPR. Mereka adalah Wa Ode Nur Zainab (Fraksi PAN), Taslim Azis (Gerindra), Musthafa Bakri (Golkar), dan Tari Siwi Utami (Hanura).

“Atas nama pimpinan MPR mengucapkan selamat datang di Majelis yang terhormat ini,” ujarnya, di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Dalam sambutannya, Zulfikli mengajak kepada semua anggota untuk menjalankan tugas MPR meski sudah memasuki akhir-akhir masa tugas. Menurutnya, kehadiran anggota baru sangat penting, terutama di tengah tahun politik.

Pada akhir masa jabatan MPR, Zulkifli berharap para anggota tetap maksimal dalam bekerja. Sebab, masyarakat akan mengawasi dan menilai komitmen para anggota dalam bekerja dan menyerap aspirasi masyarakat.

Ia menjelaskan, MPR merupakan lembaga perwakilan dan demokrasi yang mengemban aspirasi rakyat. MPR memiliki tanggung jawab untuk mewujdukan demokrasi yang konstitusional. Semua anggota MPR harus ikut mencurahkan perhatian mengawal demokrasi agar berjalan dan bekerja menuju demokrasi yang konstitusional, terutama pada tahun politik.

Menurut Zulfikli, masa akhir jabatan merupakan kesempatan bagi anggota untuk mencermati dengan seksama aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat. Intensitas bertemu masyarakat akan semakin sering, sehingga dapat mendekatkan aspirasi yang berguna untuk kemajuan demokrasi.

Ia mengatakan, MPR mempunyai visi ‘Menjadi Rumah Kebangsaan, Pengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat’. Dengan visi ini, Zulkifli mengajak anggota senantiasa berperan aktif dan bersinergi bersama seluruh komponen bangsa untuk memperkokoh ideologi bangsa, mewujudkan kedaulaytan rakyat, dan menegakkan demokrasi konstitusional.

Tak ketinggalan, ia juga menjelaskan bahwa MPR dalam Periode 2014-2019 dalam melaksanakan tugasnya berpedoman pada UUD NRI Tahun 1945, UU MD3, dan juga memperhatikan tujuh rekomendasi MPR periode sebelumnya. Seluruh rekomendasi itu disebut telah ditindaklanjuti baik oleh pimpinan, anggota, dan badan-badan yang ada di MPR.

“Targetnya adalah MPR periode saat ini dapat menetapkan keputusan yang ideal dan tepat untuk kemajuan bangsa dan negara,” ucap Zulfikli.

Terakhir, ia memberikan ucapan selamat bertugas kepada seluruh anggota.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini