Sukses

Polri: Jenis Bom Sibolga Sama dengan di Lampung

Dedi juga membenarkan soal adanya bahan peledak yang diamankan dari lokasi kejadian

Liputan6.com, Jakarta Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, jenis bom yang meledak di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) sama dengan yang ditemukan di Lampung.

"Bahan yang didapat sama seperti yang disita petugas dari pelaku R alias P yang berada di Lampung pada Sabtu, 9 Maret kemarin," kata Dedi di Kota Medan, Rabu (13/3/2019).

Diungkapkannya, saat ini petugas kepolisian sedang melakukan evakuasi pascaledakan bom di rumah terduga teroris Husein alias Abu Hamzah, Jalan Cendrawasih, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

"Istri dan anak terduga teroris diduga meninggal dunia dalam peristiwa tersebut," ungkapnya.

Dedi juga membenarkan soal adanya bahan peledak yang diamankan dari lokasi kejadian. Bahan peledak yang diamankan di Sibolga lebih banyak dari yang diamankan di Lampung.

"Jenisnya bom lontong, dan di Lampung tidak sebanyak di Sibolga. Nah, di Sibolga ada yang sudah terakit dan belum terakit," ujarnya.

Dedi menjelaskan, daya ledak bom lontong tersebut tergolong besar. Bom itu dirakit dari potasium, pipa paralon, paku, mur, dan baut. Sasaran para terduga teroris adalah aparat keamanan.

"Tujuan mereka adalah untuk amaliah. Sasarannya adalah aparat keamanan," jelasnya.

Dedi mengungkapkan, dalam penangkapan tersebut petugas mengamankan tiga orang merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Kita sudah 20 tahun memerangi mereka. Ini musuh bersama. Tim di lokasi sudah mengevakuasi warga sekitar agar tidak ada korban lagi," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sterilisasi Lokasi

Saat ini pihak kepolisian sedang melakukan sterilisasi di lokasi. Labfor dan Inafis akan melakukan olah TKP. Petugas belum berani masuk ke dalam karena masih ada benda-benda yang diduga bom yang bisa membahayakan keselamatan.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri mengamankan terduga teroris atas nama Husein. Mereka juga menggeledah sebuah rumah yang berada di Jalan Kutilang, Kelurahan Habil, Kota Sibolga, pada Selasa, 12 Maret 2019.

Diketahui bahwa rumah yang ditempati Husein merupakan milik mertua. Dari dalam rumah itu dikabarkan, petugas mengamankan bahan peledak. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.