Sukses

Top 3 News: Perjalanan Panjang Pembebasan Siti Aisyah

Presiden Jokowi bersama pemerintah berhasil meyakinkan pengadilan bahwa Siti Aisyah bukan bagian dari jaringan pembunuhan tersebut. Dia hanya dimanfaatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, pembebasan Siti Aisyah, WNI yang didakwa telah membunuh kakak ipar dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un bukan perkara mudah. Pemeritah membutuhkan proses panjang sampai akhirnya Siti bisa kembali berkumpul dengan keluarga di Tanah Air.

Jalinan hubungan diplomatik yang sangat baik antara Malaysia dan Indonesia membuat pemerintah berhasil meyakinkan pengadilan bahwa Siti Aisyah bukan bagian dari jaringan pembunuhan tersebut. Dia hanya dimanfaatkan. 

Sementara itu, Tim Densus 88 Antiteror Polri berhasil mengamankan terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, Husain alias Abu Hamzah. Dia ditangkap di rumahnya, Selasa, 12 Maret, pukul 14.23 WIB.

Awalnya penangkapan berjalan kondusif. Saat Densus 88 tengah menyisir kediaman pelaku, tak lama berselang, ledakan keras yang diduga bom dari dalam rumah mengejutkan petugas dan warga pun lari ketakutan. Belakangan dilaporkan ada anggota yang terluka akibat ledakan tersebut. 

Sementara itu, dibatalkannya konser solidaritas Ahmad Dhani bertajuk 'Hadapi Dengan senyuman' membuat kecewa para penonton dan penggemar Dewa (Baladewa) di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Pembatalan konser ini diduga karena adanya miskomunikasi antara pihak penyelenggara dengan kepolisian terkait izin keramaian konser dengan izin keramaian kampanye.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 12 Maret 2019:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Ungkap Proses Panjang untuk Bebaskan Siti Aisyah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan proses panjang Siti Aisyah bisa dibebaskan oleh pemerintah Malaysia. Sebagaimana diketahui, Siti Aisyah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) tersangka kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Presiden Korea Utara, Kim Jong-un.

Jokowi mengatakan, pemerintah dan kedutaan besar Indonesia di Malaysia berhasil meyakinkan pengadilan bahwa Siti Aisyah bukan bagian dari jaringan pembunuhan tersebut. Siti Aisyah hanya dimanfaatkan.

"Memang kami melihat dari jauh bahwa Siti ini bukan merupakan jaringan itu. Tapi, memang dimanfaatkan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin, 11 Maret 2019.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Bom Meledak Saat Densus Sergap Rumah Terduga Teroris di Sibolga

Aparat Densus 88 Antiteror Polri melakukan penangkapan terhadap terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, siang tadi. Saat operasi berlangsung, terjadi ledakan dari dalam rumah terduga pelaku.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, operasi penangkapan terhadap terduga teroris bernama Husain alias Abu Hamzah itu dilakukan sejak sekitar pukul 14.23 WIB. Tak berselang lama, sebuah ledakan diduga bom terjadi dari dalam rumah.

Namun Iqbal belum bisa memastikan bagaimana kondisi petugas yang terkena ledakan tersebut. Saat terjadi ledakan di dalam rumah terduga teroris diperkirakan masih ada istri dan juga anak pelaku.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Konser Solidaritas Ahmad Dhani di Surabaya Batal, Panitia Rugi Rp 400 Juta

Konser solidaritas Ahmad Dhani bertajuk 'Hadapi Dengan senyuman' yang semestinya digelar di Surabaya pada Minggu 10 Maret 2019, pukul 19.00 WIB dibatalkan.

Ketua panitia konser solidaritas Ahmad Dhani, Didik Darmaji mengaku bahwa dampak dari gagalnya konser tersebut, panitia rugi hingga mencapai Rp 400 juta.

Pihak panitia juga terpaksa mengganti uang tiket, kurang lebih ada 400 tiket refund yang bisa dilakukan di Giant Margorejo C1-3, Surabaya, dengan syarat membawa bukti pembelian tiket.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.