Sukses

Jokowi: Selamat Berkumpul dengan Keluarga Siti Aisyah...

Jokowi juga berharap usai bebas, Siti Aisyah dapat kembali merencanakan hidup yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersyukur Siti Aisyah dapat terbebas dari dakwaan pembunuhan terhadap kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam. Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Siti Aisyah yang akhirnya kembali berkumpul bersama keluarga besarnya.

"Saya ucapkan selamat berkumpul untuk Siti Aisyah dengan keluarga besarnya," ujar Jokowi usai bertemu Siti Aisyah dan keluarganya di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Jokowi mengatakan, pembebasan Siti Aisyah tersebut adalah proses pendampingan dari pemerintah kepada warga negaranya. Kini, Aisyah resmi diserahkan kepada keluarganya.

"Kemarin secara resmi pemerintah diwakili oleh Menteri Luar Negeri telah menyerahkan Siti Aisyah kepada keluarganya," kata Jokowi.

Jokowi juga memberikan pesan khusus kepada Siti Aisyah. Jokowi juga berharap usai bebas Aisyah dapat kembali merencanakan hidup yang lebih baik.

"Iya tadi saya menyampaikan agar Siti sementara di rumah terlebih dahulu. Sampai nantinya agak tenang dan bisa merencanakan kehidupan yang baik," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Tanah Air

Senin sore, 11 Maret 2019 Siti Aisyah yang merupakan wanita kelahiran Serang, Banten tiba di Tanah Air dengan pendampingan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan sejumlah perwakilan dari Kuala Lumpur.

Dia mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 17.00 WIB. Aisyah lalu dibawa ke Kementerian Luar Negeri RI untuk diserahkan langsung ke keluarga. Acara serah terima ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

"Menkumham, beberapa perwakilan dari KL (Kuala Lumpur) dan juga saya sendiri, telah menyerahkan secara resmi saudara Siti Aisyah kepada keluarga," kata Retno dalam prosesi pemulangan dan serah terima Siti Aisyah kepada keluarga di Kemlu RI.

Sebelumnya, Siti Aisyah bersama warga negara Vietnam, Doan Thi Huong didakwa mengolesi zat saraf VX beracun di wajah Kim Jong Nam di Bandara Kuala Lumpur pada 2017 lalu. Keduanya membantah terlibat dalam pembunuhan. Mereka berpikir apa yang mereka lakukan adalah bagian dari lelucon (prank) dalam sebuah program televisi.

Jika terbukti bersalah, Aisyah terancam hukuman mati. Jaksa dalam kasus ini meminta agar tuduhan pembunuhan dibatalkan, tanpa memberikan alasan. Hakim menyetujui permintaan yang mengatakan "Siti Aisyah dibebaskan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.