Sukses

4 Strategi TNI Lemahkan Pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua

Tindakan tegas bagi KKB, kata Bamsoet, perlu dilakukan sehingga pembangunan di wilayah Papua bisa berjalan dengan semestinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan menyerang pasukan TNI di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua. Tiga orang prajurit TNI dan sembilan orang KKB tewas dalam peristiwa ini.

Akibat penyerangan tersebut, TNI tak tinggal diam.Dengan seluruh kekuatan yang ada TNI terus berburu kelompok bersenjata di Papua. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pun meminta pemerintah segera menambah personil kemanan untuk memperkuat keamanan di lokasi tersebut. 

Tindakan tegas bagi KKB, kata Bamsoet, perlu dilakukan sehingga pembangunan di wilayah Papua bisa berjalan dengan semestinya.

"Pembangunan di Papua hendaknya tidak boleh dihambat oleh gerakan KKB," ucap Bamsoet. 

Berikut ini cara TNI buat KKB di Papua tak berkutik:

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kirim 600 Prajurit Amankan Nduga

Sebanyak 600 prajurit TNI dikerahkan untuk mengamankan di Kabupaten Nduga. 600 personel itu dikirim dari Divisi Kostrad III Makassar dan Batalyon Zeni Tempur 8 Makassar.

Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti Kol Jonathan Binsar Sianipar mengatakan para prajurit tersebut rencananya akan dikirim secara bertahap ke tempat penugasan di wilayah Kabupaten Nduga mulai Minggu (10/3).

"Di mana pun nanti kalian ditempatkan, semua prosedur itu harus dilaksanakan dengan baik dan benar. Tunjukkan bahwa kalian tentara profesional, bukan preman pasar. Kalian prajurit-prajurit

 

3 dari 5 halaman

Putus Logistik KKB

Kepala Penerangan Kodam VII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi, mengatakan prajurit-prajurit TNI akan ditempatkan di kampung-kampung yang diduga menjadi basis KKB di Nduga Papua.

Dengan adanya pasukan yang tersebar seluruh perkampungan diharapkan dapat memutus jalur logistik. "Kami berharap bisa memutus jalur dan sumber logistik akan terputus, karena sumber logistik dari kampung," kata Kolonel Aidi.

Sejauh ini TNI telah menempatkan pasukan di sejumlah kampung, termasuk di Distrik Mbua, Digi, Paro Atas, Paro Bawah, dan Mugi. 

 

4 dari 5 halaman

Kerahkan Satgakum

Untuk mengamankan Kabupaten Nduga pasca kontak senjata antara TNI vs KKB, Kodam XVII/Cenderawasih mengerahkan Satuan Tugas Penegakan Hukum yang berkerja dengan Kepolisian untuk mengejar Kelompok Bersenjata.

"Dilakukan oleh Satgas Gakkum TNI - Polri dan personel pos-pos Satgas Pam Daerah Rawan," kata Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi.

 

5 dari 5 halaman

Kuasai 70 Persen Wilayah Nduga

Menyangkut situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Nduga, sudah sekitar 70 persen wilayah itu dikuasai oleh aparat TNI dan Polri.

Meski begitu, katanya lagi, KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) kini sedang konsentrasikan seluruh kekuatan dan persenjataannya di Nduga.

"Saya minta, jangan ada prajurit yang lengah. Ini bukan plesiran atau jalan-jalan ke Papua. Kalian melaksanakan tugas operasi. Saya minta kalian harus berhasil menyelesaikan tugas ini dan tidak boleh satu orang pun yang tertinggal di Tanah Papua ini," kata Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti Kol Jonathan Binsar Sianipar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.