Sukses

Top 3 News: Motif di Balik Penyerangan Mengerikan Bank BNI Dumai

Top 3 news hari ini, parang dan jeriken berisi bensin dibawa pria bernama Margono saat menyerang kantor Bank BNI di Dumai. Apa motif pria tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news, penyerangan pria bernama Margono di kantor Bank BNI Dumai, Riau, Senin, 11 Maret kemarin terbilang mengerikan. Selain membawa parang, pria berusia 46 tahun itu bahkan mengancam akan membakar kantor tersebut.

Ya, selain parang, Margono juga membawa jeriken berisi bensin untuk membuktikan bahwa ancamannya bukan sekedar isapan jempol. Dia lalu menyiramkan bensin tersebut ke meja teler dan lantai kantor BNI.

Sementara itu, Surat Perintah Sebelas Maret atau Supersemar hingga kini masih dianggap penuh misteri. Surat sakti tersebut dikatakan membuka jalan kekuasaan Soeharto.

Perihal penandatanganan Supersemar hingga kini juga masih menimbulkan tanda tanya. 

Tidak jelas bagaimana Sukarno mau menandatangani surat yang praktis melucuti kekuasaannya itu. Kesaksian pengawal presiden, Sukardjo Wilardjito, menyebut Sukarno ditodong pistol oleh seorang jenderal utusan Soeharto.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 11 Maret 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 4 Fakta Mengerikan Penyerangan Kantor BNI di Dumai

Kantor BNI di Dumai, Riau diserang oleh seorang pria yang membawa parang. Penyerangan terjadi pada sekitar pukul 10.00 WIB, Senin 11 Maret 2019. Pelaku masuk ke kantor BNI dengan cara memecahkan kaca di salah satu bagian gedung.

Namun kemudian, ternyata diketahui motif Margono bukan untuk merampok, melainkan mau membuat kerusuhan dengan membakar kantor BNI tersebut.

"Motifnya karena mau meniru adegan film action, makanya dia bawa parang dan bensin ke dalam kantor BNI. Sudah disiramnya, tapi belum sempat dibakar karena langsung ditembak petugas Ke polisian," ujar Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Misteri di Balik Supersemar yang Mengubah Wajah Indonesia

Supersemar mengubah wajah Indonesia dalam sekejap. Tidak banyak yang diketahui tentang surat sakti yang membuka jalan kekuasaan Soeharto itu. Sang diktator sendiri memilih membawa rahasianya itu hingga ke alam baka.

Saat ini arsip negara menyimpan tiga versi Surat Perintah Sebelas Maret. Salah satunya berasal dari Sekretariat Negara, yang lain dari Pusat Penerangan TNI Angkatan Darat dan terakhir cuma berupa salinan tanpa kop surat kenegaraan.

Misteri juga menggelayuti penandatanganan Supersemar. Awalnya Sukarno dilarikan ke Bogor setelah sidang kabinet 11 Maret 1966 di Jakarta dikepung oleh "pasukan liar" yang kemudian diketahui adalah pasukan Kostrad.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Aceh Singkil Digoyang Gempa Malam Ini

Gempa mengguncang Aceh Singkil, Aceh. Gempa terjadi pada pukul 20.26 WIB, Senin (11/3/2019).

Lindu tersebut bermagnitudo 5,5 dengan kedalaman 19 kilometer.  Lokasi gempa berada pada 1.93 Lintang Utara-97.83 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di 47 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Singkil.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.