Sukses

Hari Ini, KPK Datangi Empat Kantor DPP Parpol

Tindakan menjemput bola yang dilakukan KPK ini demi meminimalisir tindak pidana korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) akan mendatangi kantor DPP Partai Politik (Parpol) untuk berdiskusi terkait perbaikan dana bagi setiap partai.

"Kami akan duduk, tim KPK akan datang dan diskusi bersama unsur-unsur DPP di parpol," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 11 Maret 2019. 

Febri mengatakan, rencananya mulai hari ini, Selasa 12 Maret 2019 tim yang berada di bawah Deputi Penindakan ini akan mendatangi kantor-kantor DPP Parpol. Menurut Febri, ada empat DPP partai yang akan didatangi oleh KPK, yaitu DPP PKS, DPP Gerindra, DPP PDIP, dan DPP PKB.

"Perbaikan pendanaan ini bisa beberapa hal, pertama menghitung dana yang rasional dan realistis yang dibutuhkan oleh parpol dalam berkegiatan dan yang kedua, membahas aspek akuntabilitas dan keterbukaannya pada publik karena uang yang digunakan itu adalah uang dari masyarakat," kata Febri.

Menurut Febri, tindakan menjemput bola yang dilakukan KPK ini demi meminimalisir tindak pidana korupsi. Sebab, berdasarkan kajian yang dilakukan KPK, salah satu akar persoalan korupsi politik bersumber dari aspek pendanaan.

"Dalam konteks itulah KPK mendekati dari perspektif pencegahan, selain upaya penindakan yang dilakukan selama ini," kata Febri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.