Sukses

3 Hal Usai Siti Aisyah Dinyatakan Bebas

Kini, perjuangan itu berbuah hasil, Siti Aisyah bisa kembali ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Siti Aisyah telah kembali ke Indonesia. Ia sebelumnya menjadi terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Malaysia.

Pada Senin, 11 Maret 2019 pagi, Siti Aisyah dinyatakan bebas oleh pengadilan Malaysia. Atas permintaan jaksa, tuntutan terhadap perempuan berusia 27 tahun itu resmi dihentikan oleh pengadilan Negeri Jiran.

Senyum pun merekah di wajahnya. Ia tak bisa menyembunyikan kebahagiaan usai menjadi tahanan di Malaysia sejak 2017 lalu.

Kepolisian Malaysia sebelumnya menyatakan, Kim Jong-nam tewas setelah diserang dua wanita di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017 lalu akibat cairan yang diduga racun saraf VX yang diusapkan ke wajahnya.

Siti Aisyah pun sempat didakwa akan mendapatkan hukuman mati. Ia dijerat dakwaan sesuai Pasal 302 KUHP tentang pembunuhan. Namun, pemerintah Indonesia tak pernah berhenti berjuang agar Siti Aisyah dibebaskan.

Kini, perjuangan itu berbuah hasil. Siti Aisyah bisa kembali ke Tanah Air dan berkumpul dengan keluarganya. Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Berikut hal-hal yang terjadi usai Siti Aisyah dinyatakan bebas dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Akan Bertemu Presiden Jokowi

Presiden Jokowi berencana akan bertemu dengan Siti Aisyah, warga negara Indonesia (WNI) yang sempat ditahan atas dugaan pembunuhan terhadap kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam. Aisyah kini telah dibebaskan dari seluruh tuduhan tersebut.

"Ya besok (hari ini) kita ketemu," kata Jokowi di Istana Presiden, Bogor, Selasa, 11 Maret 2019.

 

3 dari 4 halaman

2. Ucapkan Terima Kasih

Siti Aisyah yang saat ini sudah berada di Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Kabinet Indonesia Kerja.

"Terima kasih buat Presiden kita Pak Jokowi, terima kasih buat bapak menteri-menteri yang berusaha menolong saya sampai saya sekarang ini berada di Indonesia dan dukungan media juga terima kasih banyak," ucap Siti Aisyah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Siti Aisyah mengungkapkan perasaannya karena bisa kembali menghirup udara kebebasan. "Perasaan saya senang bahagia, tidak bisa diungkapin dengan kata-kata," ucap dia.

 

4 dari 4 halaman

3. Kembali ke Keluarga

Pada Senin, 11 Maret 2019 sore, Siti Aisyah yang merupakan wanita kelahiran Serang, Banten, telah tiba di Tanah Air dengan pendampingan dari Menteri Kementerian Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan sejumlah perwakilan dari Kuala Lumpur.

Dia mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 17.00 WIB. Aisyah lalu dibawa ke Kementerian Luar Negeri RI untuk diserahkan langsung ke keluarga. Acara serah terima ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

"Menkumham, beberapa perwakilan dari KL (Kuala Lumpur) dan juga saya sendiri, telah menyerahkan secara resmi saudara Siti Aisyah kepada keluarga," kata Retno dalam prosesi pemulangan dan serah terima Siti Aisyah kepada keluarga di Kemlu RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.