Sukses

SiWarga, Aplikasi Kekinian Pemkot Tangerang untuk Berkomunikasi dengan Warga

Hingga saat ini Pemkot Tangerang sudah memiliki lebih dari 170 aplikasi yang sudah berfungsi.

Liputan6.com, Tangerang - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memerintahkan seluruh lurah dan camat di wilayahnya untuk lebih dekat dengan warga melalui sarana telepon pintar (smartphone) masing-masing.

Caranya, dengan menggunakan aplikasi bernama siWarga yang terintegrasi dengan Tangerang Live. Aplikasi yang baru diluncurkan itu digadang-gadang bisa mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepada masyarakat Kota Tangerang, Banten.

"Namanya siWarga, ini juga jadi kado HUT ke-26 untuk masyarakat Tangerang," terang Arief di area Pemkot Tangerang, Senin (11/3/2019).

Melalui aplikasi siWarga, lanjut dia, memungkinkan masyarakat untuk dapat mengisi data sosial masing-masing untuk kemudian dipergunakan mengurus persyaratan kependudukan seperti misalnya surat pengantar.

"Mekanismenya tetap harus ke RT, RW, dan kelurahan namun dilakukan secara digital. Jadi bisa mempercepat proses pembuatannya, karena tanda tangan pun digital," tutur Arief.

Dia menambahkan, aplikasi siWarga ini akan diluncurkan dalam versi beta dan akan diuji coba selama 6 bulan untuk dapat dilakukan evaluasi dan ditingkatkan kualitasnya.

"Untuk cek keabsahan surat yang telah dikeluarkan oleh Lurah ataupun Camat, aplikasi ini dilengkapi dengan QR Code," jelas Arief

Untuk diketahui, hingga saat ini Pemkot Tangerang sudah memiliki lebih dari 170 aplikasi yang sudah berfungsi. Baik di antara pegawai Pemkot, Pemkot kepada warga ataupun komunikasi sesama warga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.