Sukses

Sekolah Banjir, Siswa SD di Trenggalek Gagal Ikuti Ujian

Siswa SD di Trenggalek ini gagal ikuti ujian tengah semester, lantaran sekolah mereka kotor oleh sisa lumpur akibat diterjang banjir.

Liputan6SCTV, Trenggalek - Bencana banjir yang terjadi di sejumlah daerah tidak hanya merendam permukiman maupun akses jalan. Di Trenggalek, Jawa Timur, banjir juga menerjang sebuah sekolah dasar dan mengakibatkan para siswa gagal melaksanakan ujian tengah semester.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (9/3/2019), bukannya bersekolah, para siswa SD Negeri 2 Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, Trenggalek, Jumat pagi, 8 Maret kemarin, justru harus bekerja bakti. Mereka terpaksa membersihkan halaman sekolah dan ruang kelas yang tergenang air akibat banjir.

Air yang masuk ke dalam kelas hingga ketinggian 30 sentimeter, membuat kegiatan belajar mengajar terhambat dan siswa gagal melaksanakan ujian tengah semester. Akibat curah hujan yang masih tinggi di wilayah Trenggalek, pemkab setempat sudah menetapkan siaga bencana di sepuluh kecamatan, termasuk Pogalan.

Sementara di daerah lain, banjir juga merendam SD Negeri 1 Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Ketinggian air bahkan mencapai satu meter, sehingga kegiatan belajar siswa harus dialihkan ke lokasi lain yang berjarak satu kilometer dari sekolah.

Pihak sekolah mengaku sudah beberapa kali mengajukan relokasi ke tempat yang lebih aman dari banjir, namun hingga belum ditanggapi. (Galuh Garmabrata)