Sukses

Resmikan 98 Gedung Pendidikan, Anies Inginkan Ramah untuk Disabilitas

Gedung sekolah itu secara merata akan dilengkapi dengan solar panel yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 98 gedung untuk kegiatan pendidikan di Ibu Kota. Dia menyebut jumlah itu terdiri atas 95 sekolah, dua asrama sekolah, dan satu kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Anies menyebut gedung yang diresmikan itu ramah untuk kaum disabilitas.

"Tadi ada seorang siswa kelas 5 yang selalu juara satu di sini. Dia adalah penyandang disabilitas dan kelasnya di lantai atas. Tadi sama-sama jalan ke atas. Jadi Insya Allah semuanya dirancang setara untuk semua. Jadi ramah bagi penyandang disabilitas," kata Anies di SDN Pondok Labu 01 Pagi, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan nantinya gedung sekolah itu secara merata akan dilengkapi dengan solar panel yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.

Karena itu, dia mengimbau agar para pendidik dapat fokus dalam mengajar dan tidak terlena dengan fasilitas yang ada.

"Jangan kemudian membuat kita terlena seakan-akan dengan sudah gedung bagus, maka aman. Aman itu target tercapai bila proses belajar mengajar berlangsung," ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan dari 97 gedung bangunan sekolah yang diresmikan, enam di antaranya menjadi gedung percontohan.

"Ini memenuhi kriteria sekolah ramah anak berkebutuhan khusus (ABK), ramah lingkungan atau sistem tata udara alami dan memiliki panel surya, dan memiliki desain yang unik," jelasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.