Sukses

Wapres JK: Pemerintah Batasi Pengiriman Pembantu Rumah Tangga ke Luar Negeri

Pemerintah saat ini memutuskan untuk mengutamakan program mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan cara kata dia dengan vokasi serta pendidikan skill di lapangan kerja.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara Kongres Asosiasi Pendidikan Masyarakat Indonesia (APENMASI) di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

Dalam sambutan JK mengatakan pemerintah saat ini berusaha membatasi pengiriman asisten rumah tangga. Hal tersebut untuk memperbaiki martabat bangsa.

"Kita selalu ingin membatasi, karena juga martabat bangsa, tidak lagi mengirim tenaga pembantu rumah tangga kerja di luar negeri," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

JK menjelaskan, pemerintah saat ini memutuskan untuk mengutamakan program mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan cara vokasi serta pendidikan skill di lapangan kerja.

"Karena itu dapat kita jelaskan bahwa pendidikan kemasyarakatan ini dapat meningkatkan kemampuan, sehingga tak timbul diskriminasi akibat pendidikan," kata JK.

Dia juga meminta agar para dosen untuk mendalami masalah. Dan akses untuk mencapai pendidikan, tidak hanya formal tetapi informal.

"Karena itu lah pendidikan masyarakat sangat penting karena tingkat kemiskinan kita masih ada 25 juta orang yang dikategorikan masuk ke kemiskinan. Masih ada 6 persen pengangguran dalam negeri ini. Semua itu membutuhkan suatu skill. Karena itu lah pendidikan vokasi, kemasyarakatan, keahlian, dan pendidikan-pendidikan nonformal lain dibutuhkan," kata JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendidikan hingga Tempat Terpencil

Wapres JK meminta kepada para Asosiasi Pendidikan Masyarakat Indonesia agar dapat terjun ke masyarakat untuk memberikan pendidikan di daerah terpencil. Sebab kata dia walaupun pemerintah memiliki program tetapi asosiasi juga perlu akses ke daerah-daerah untuk memberikan pendidikan untuk para guru.

"Yang paling penting dibutuhkan akses-akses pembelajaran yang baik untuk mereka semua. Itulah fungsi universitas, relawan-relawan kunci para guru-guru," kata JK.

Sehingga, kata JK bukan hanya perguruan tinggi tempat untuk mendidik. Tetapi asosisi juga berfungsi untuk mendidik guru di daerah.

"Ilmu berkembang. Kalau guru-guru di desa tak diajarkan ilmu terus menerus, maka ilmunya akan stagnan. Jika stagnan ilmunya, maka muridnya juga stagnan. Jika muridnya stagnan, maka lowongan kerjanya juga stagnan. Karena itulah begitu banyak langkah-langkah," ungkap JK.

"Saya yakin saudara-saudara semua yang memiliki keahlian, kemampuan, dan kesempatan untuk bekerja di daerah-daerah, bisa memberikan manfaat yang besar bagi kita semuanya. Itulah harapan saya," kata JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.