Sukses

Siapkan Payung, Curah Hujan Tinggi Berpotensi Terjadi 10 Hari Kedepan

Minggu lalu curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia masih berada pada kriteria rendah (0 – 50m/das).

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan Maret, wilayah Jakarta, Bogor dan sekitarnya diguyur hujan hampir setiap hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan curah hujan tinggi berpeluang terjadi selama 10 hari ke depan.

Minggu lalu curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia masih berada pada kriteria rendah (0 – 50m/das).

Namun curah hujan dengan kategori menengah (50-150 mm/das) terjadi di sebagian Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Papua. Sementara curah hujan tinggi (>150 mm/das) terjadi di bagian tengah Papua.

Selama 10 hari ke depan curah hujan tinggi berpotensi terjadi di wilayah Indonesia, diantaranya pesisir barat Sumatera, bagian tengah hingga selatan Jawa, Sulawesi bagian tengah, bagian timur hingga selatan Papua Barat dan Papua.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada pada periode awal Maret, khususnya dampak dari potensi curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Kondisi ini dapat meningkat hingga pertengahan Maret 2019.

 

(Liputan6.com/Dewi Larasati)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.