Sukses

Kepala BNPB Ungkap Sebab Kebakaran Hutan dan Lahan, 99 Persen Ulah Manusia

Hanya sebesar 1 persen saja penyebab kebakaran hutan dan lahan akibat alam.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkap, penyebab kebakaran hutan dan lahan di wilayah Indonesia adalah kesalahan manusia. Hanya sebesar 1 persen saja penyebab kebakaran hutan dan lahan akibat alam.

"Antara lain, tidak sengaja karena buang puntung rokok atau membakar sampah, disengaja karena ingin membuka lahan, dan disengaja karena dibayar. Alasannya adalah dampak kurangnya lapangan kerja" ujarnya di Bengkalis, ditulis Selasa (5/3/2019).

Menurut Doni, manusia melakukan tindakan demikian lantaran himpitan ekonomi masyarakat. Solusinya, lanjut Doni, masyarakat bisa memanfaatkan lahan subur di Riau dalam rangka meningkatkan komoditas ekonomi rakyat seperti kopi dan lada.

Di samping itu, Doni menilai, jika pemanfaatan lahan bisa terealisasi, hal tersebut juga berdampak pada upaya pencegahan kebakaran. Secara tidak langsung, mitigasi telah dilakukan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Pencegahan

"Upaya pencegahan dan mitigasi akan lebih baik dan efektif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Tahun 2015, kerugian ekonomi Indonesia mencapai 221 triliun atau dua kali lipat akibat kerugian ekonomi di bencana tsunami di Aceh," katanya.

⁣Dia pun mengimbau kepada seluruh pihak untuk turut menjaga alam dengan sebaik-baiknya.

"Perubahan iklim banyak menjadi perbincangan di antara kita. Solusinya adalah kita menjaga alam, alam menjaga kita. Harus menjaga keseimbangan alam. Program pentahelix yang melibatkan semua unsur, para pakar atau akademisi, dunia usaha, pemerintah, masyarakat dan media," Doni memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.