Evakuasi Korban Longsor Tambang Emas di Sulut Terus Dilakukan

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 28 Feb 2019, 14:12 WIB
Diperbarui 28 Feb 2019, 16:08 WIB

Liputan6.com, Sulawesi Utara - Upaya evakuasi terhadap puluhan penambang emas liar di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, terus dilakukan. Evakuasi dilakukan secara manual mengingat sulitnya medan.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (28/2/2019), perbukitan terjal, cuaca buruk, hingga longsor susulan jadi kendala tim SAR gabungan menegevakuasi korban yang terperangkap.

Penambangan emas tanpa izin longsor pada Selasa malam lalu. Saat kejadian diduga ada sekitar 60 penambang yang berada di lubang bawah tanah. Data Kamis siang, dari 25 orang yang berhasil dievakuasi, enam di antaranya tewas. Diduga masih ada 37 orang yang terperangkap longsor.  

Tim medis RSUD Kotamobagu masih merawat enam penambang emas liar yang sempat terperangkap longsor di bawah tanah. Luka yang dialami rata-rata di bagian tangan, kaki dan kepala. Mereka menyaksikan kejadian longsor begitu cepat tanpa. Tiba tiba jalan keluar lubang tambang sudah tertutup material longsor. (Karlina Sintia Dewi)