Kenyamanan Tiada Tara yang Ditawarkan Tol Trans Jawa

Oleh Cahyu pada 03 Mar 2019, 23:35 WIB
Diperbarui 03 Mar 2019, 23:35 WIB
Kenyamanan Tiada Tara yang Ditawarkan Tol Trans Jawa
Perbesar
Walaupun harganya tak murah, Tol Trans Jawa menyediakan banyak keuntungan bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Sejak akhir 2018, Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta - Surabaya telah beroperasi. Pengoperasian Jalan Tol Trans Jawa ini pun bagaikan angin segar bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum darat lainnya.

Perkiraan tarif tol untuk golongan 1, Jakarta (Jakarta-Cikampek) - Semarang sekitar Rp 226.000. Kalau dari Merak - Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek) - Semarang sekitar Rp 289.000. Sementara untuk menuju Surabaya dari Jakarta (Jakarta-Cikampek, tarifnya sekitar  Rp 483.500 dan dari Merak - Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek) - Surabaya sekitar Rp 546.500. Jumlah uang tol yang harus dibayarkan ini relatif, sesuai seberapa sering Anda keluar-masuk tol untuk singgah di suatu kota.

Walaupun harganya tak murah, tetapi Tol Trans Jawa menyediakan banyak keuntungan bagi masyarakat, lho. Jadi, masyarakat tak akan merasa rugi. Apa saja kelebihan yang ditawarkan Tol Trans Jawa?

1. Bebas dari kemacetan

Tentunya Tol Trans Jawa lebih lengang dibandingkan dengan jalur alternatif. Pasalnya, tak ada tanjakan curam dan jalan kecil berkelok-kelok yang kerap menyebabkan macet. Di Tol Trans Jawa, biasanya kemacetan hanya terjadi di Tol Cikampek akibat pembangunan infrastruktur jalur Light Rail Transit (LRT) dan elevated Jakarta - Cikampek. Setelah melewati Tol Cikampek, jalanan akan bebas macet hingga Ngawi.

Jalanan yang bebas macet ini tentu akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melewatinya. Tak akan ada rasa stres dan frustasi yang biasa muncul saat menghadapi kemacetan.

2. Waktu tempuh lebih cepat

Tak adanya kemacetan dan medan sulit, membuat waktu tempuh lewat Tol Trans Jawa jauh lebih cepat dibandingkan jalan alternatif. 

"Waktu tempuh menjadi lebih singkat  berkat adanya Tol Trans Jawa. Idealnya Jakarta - Surabaya (butuh waktu) 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 km, kalau dipacu dengan 100 km/jam saja mungkin hanya delapan jam," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani.

Walaupun begitu, Desi menyarankan pengemudi untuk tetap beristirahat di tengah perjalanan. Karena itu, waktu yang paling ideal dibutuhkan untuk sampai ke Surabaya adalah 10 sampai 12 jam. 

3. Meningkatkan perekonomian

Keberadaan Tol Trans Jawa juga dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Terutama masyarakat yang memiliki bisnis di bidang logistik dan transportasi.

Dapat mengantarkan barang dan penumpang ke tempat tujuan dalam waktu cepat tentu menjadi idaman para pelaku bisnis. Konsumen pun tentunya tak akan ragu memilih jasa transportasi yang dapat mengantarkannya ke tujuan secara cepat dan nyaman.

Karena itu, para pelaku bisnis di bidang transporasi dan logistik sebaiknya memanfaatkan dengan baik peluang tersebut. Alangkah baiknya bila Anda mulai membuka rute dari Jakarta ke kota-kota yang dilalui Tol Trans Jawa.

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan beragam fasilitas terbaik agar konsumen semakin merasa nyaman di perjalanan. Misalnya, menyediakan kendaraan dengan kursi nyaman dan suspensi empuk sehingga tetap terasa enak saat melewati jalan bergelombang.

Salah satu mobil yang dapat Anda andalkan adalah Toyota Hiace Luxury. Mobil ini memiliki kapasitas penumpang cukup banyak, yaitu 11 seats. Mobil ini pun cocok untuk konsumen yang ingin bepergian dengan keluarga besar. Kapasitas seat yang lebih sedikit daripada mobil van lainnya memungkinkan konsumen untuk duduk dengan lega sepanjang perjalanan.

Selain itu, Toyota Hiace Luxury juga dilengkapi dengan kursi yang lebih nyaman, sehingga badan tak akan terasa lelah saat sampai di tujuan. Lebih nyaman lagi, di atas setiap jok terdapat pendingin udara masing-masing yang bisa diatur sesuai keinginan setiap penumpang.

Toyota Hiace Luxury
Perbesar
Sebagai van komersial, New Hiace bisa menampung banyak penumpang sekaligus memberikan kenyamanan maksimal. (foto: dok. Toyota)

Tak hanya itu, penumpang juga akan merasa terhibur selama perjalanan dengan ketersediaan hiburan berupa layar sentuh berukuran 6 inci yang dilengkapi fitur Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, iPod Ready, dan DVD/CD. Kenyamanan semakin bertambah dengan suspensi double wishbone dengan stabilizer di depan leaf spring rigid axle di belakang.

Masalah safety, Toyota Hiace Luxury juga terjamin aman. Di baris depan, terdapat dua SRS airbag yang memberikan perlindungan ekstra. Sementara itu, di semua kursi terdapat sabuk pengamanan 3 titik yang dilengkapi pretensioner  dan force limiter.

Pretensioner berfungsi mengencangkan sabuk pengaman secara otomatis ketika mobil mengalami benturan, sehingga melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan ke depan. Sementara itu, force limiter berfungsi sebagai pembatas kekuatan sabuk dalam mengendalikan beban tubuh, sehingga risiko cidera pada area dada dapat diminimalisir.

 

 (Adv)