Sukses

Kejagung Harap ICAC Hong Kong Tularkan Semangat Berantas Korupsi

Menurut Prasetyo, Hong Kong terkenal sebagai negara yang bersih dari kejahatan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo menerima kunjungan Commissioner of the Independent Commission Against Corruption (ICAC/Lembaga Antikorupsi) Hong Kong Simon Peh. Kedatangan Simon diharapkan mampu menularkan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Tentunya ini merupakan suatu momen yang sangat luar biasa, penting, signifikan. Karena bagaimanapun kita tahu persis, betapa lembaga antirasuah Hong Kong ini terkenal di dunia, bukan di Asia saja," ujar Prasetyo di Badiklat Kejaksaan Agung, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

Menurut Prasetyo, Hong Kong terkenal sebagai negara yang bersih dari kejahatan korupsi. Setidaknya ada tiga tujuan yang diharapkan dari kunjungan Simon ke Indonesia, salah satunya adalah menambah semangat jaksa dalam mencegah dan memberantas korupsi.

Selain itu, Simon juga diharapkan menjadi sumber bertanya yang baik tentang cerita di balik kesuksesan ICAC mencegah dan memberantas korupsi di Hong Kong.

Kunjungan tersebut juga diharapkan bisa semakin mempererat kerja sama dan koordinasi di bidang pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan lintas negara.

"Koruptor dan kelompoknya sekarang bisa merencanakan perbuatannya di Singapura, mengorganisasikannya di Hong Kong, melaksanakan korupsinya di Indonesia, dan menikmati hasil kejahatannya di Swiss misalnya, ini bisa terjadi. Karena itu, tentunya kerja sama dan koordinasi antarpenegak hukum tentunya sangat diperlukan dan menjadi sebuah keniscayaan," ucap Prasetyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaiki Instansi

Simon mengapresiasi sambutan yang diberikan Kejaksaan Agung. Dia berharap bisa bekerja sama dengan baik serta menularkan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi kepada penegak hukum di Indonesia.

"Saya harap ini kesempatan baik untuk dapat memperbaiki instansi pemerintahan. Kita bisa sharing tentang pengalaman kita di Hong Kong," ujarnya.

Simon bakal berbicara di depan sekitar 200 jaksa dari seluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini, Prasetyo juga memanggil 31 kepala kejaksaan tinggi untuk ikut mendengarkan pemaparan komisioner lembaga antikorupsi Hong Kong tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.