Puting Beliung Landa Bogor, 8 Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

Oleh Achmad Sudarno pada 26 Feb 2019, 05:19 WIB
Diperbarui 27 Feb 2019, 14:14 WIB
Puting Beliung Landa Bogor, 8 Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

Liputan6.com, Bogor - Angin puting beliung kembali menerjang Bogor, Jawa Barat. Terpaan puting beliung, Senin, 25 Februari 2019 sore mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan pohon tumbang.

Puting beliung yang terjadi di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, menyebabkan bagian atap rumah warga rusak. Seng-seng beterbangan dan asbes maupun genteng-genteng juga banyak berjatuhan hingga pecah berantakan.

Data sementara, rumah rusak sebanyak 8 unit. Satu bangunan kamar mandi umum rusak parah karena tertimpa pohon tumbang. Sejauh ini, dilaporkan tidak ada korban dalam bencana alam tersebut.

"Hanya kerusakan rumah saja. Petugas masih melakukan assesment di lapangan," papar Camat Cibungbulang, Yudi Nurzaman di Cibungbulang, kemarin.

Sejumlah personel BPBD dan pihak terkait yang tiba di lokasi langsung membantu warga membersihkan reruntuhan rumah yang rusak diterjang puting beliung.

Keterangan yang diperoleh Liputan6.com menyebutkan, angin puting beliung tiba-tiba menerpa Desa Cemplang sekitar pukul 16.30 WIB.

Meski angin berputar tak lebih dari 2 menit, namun membuat warga panik. Begitu mengetahui ada angin puting beliung, warga langsung dilanda cemas hingga banyak berlarian keluar rumah. Sebagian lainnya memilih tetap tinggal di rumah sambil mengumandangkan adzan dan melantunkan ayat suci alquran.

"Semua pada panik begitu angin kencang dan suara petir. Anak-anak kecil juga pada nangis ketakutan," ujar Herry Trabas warga setempat.

2 dari 3 halaman

Terjadi di tempat lain

Sementara itu, berdasarkan laporan BPBD Kota Bogor angin puting beliung juga melanda RT02/03, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Belum diketahui berapa jumlah rumah rusak, namun dilaporkan atap rumah di wilayah itu berterbangan terbawa angin.

Hujan deras dan angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang hingga ruas Jalan Raya Cibadak-Ciampea tertutup pohon. Satu unit mobil warna putih nyaris tertimpa. Kejadian ini membuat lalu lintas dari arah Dramaga menuju Kota Bogor mengalami kemacetan parah.

Selanjutnya, pohon yang berada di area parkir supermarket Giant Jalan Abdulah bin Nuh juga tumbang dan menimpa pagar hingga menutupi sebagian badan jalan.

Kemudian, pohon tumbang menimpa rumah di Bubulak dan pohon tumbang di Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat nyaris menimpa Masjid Ar Ridwan. Hujan deras juga menyebabkan ruas Jalan Abdullah bin Nuh tergenang sehingga mengakibatkan kemacetan parah.

Bencana lainnya, tembok di Perumahan Permata Residen, Kelurahan Semplak roboh dan menimpa rumah warga.

"Hingga pukul 22.45 WIB, sebagian sudah ditangani," kata Kepala BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓