Usai Kebakaran di Muara Baru, Para Nelayan Kini Menanti Kapal Baru

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 25 Feb 2019, 12:10 WIB

Fokus, Jakarta - Senin pagi, puluhan kapal nelayan yang terbakar akhir pekan kemarin di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zaman, Muara Baru, Jakarta Utara, masih teronggok. Sesekali asap masih terlihat muncul dari reruntuhan kapal.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (25/2/2019), warga setempat juga terlihat sesekali menyiram sumber asap untuk mencegah api kembali berkobar. Para awak kapal yang kapalnya terbakar kini hanya bisa menanti adanya kapal baru.

Mereka terpaksa tidak bisa melaut dan libur untuk sementara waktu. Di sisi lain, PT Perikanan Indonesia saat ini masih membersihkan sisa-sisa kebakaran kapal dan melokalisir kawasan terbakarnya kapal.

Menurut Direktur Utama Perindo, Risyanto Suanda, pembersihan butuh waktu satu hingga dua pekan ke depan. Meski demikian, operasional bongkar muat di pelabuhan tetap berjalan normal.

Untuk mengantisipasi terjadinya kembali peristiwa serupa, Perindo berharap ada pemisahan antara kapal bongkar muat dan kapal perbaikan untuk menghindari potensi bahaya saat terjadinya proses pengelasan.

Saat ini, pihak kepolisian masih bergerak menyelidiki penyebab terbakarnya puluhan kapal nelayan ini. (Rio Audhitama Sihombing)