Petugas Pemadam Pantau Pendinginan Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru

Oleh Ady Anugrahadi pada 24 Feb 2019, 10:49 WIB
Pemadaman kapal terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas pemadam kebakaran menjinakkan api yang membakar sejumlah kapal di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Belasan kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut terbakar pada Sabtu 23 Februari 2019.

Komandan Peleton Grup C Kecamatan Penjaringan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Buang Miharja mengatakan, pihaknya berhasil memadamkan api Minggu (24/2/2019) sekira pukul 05.00 WIB. Saat ini, tinggal proses pendinginan.

"Ini tinggal penuntasan saja. Tadi pagi sudah dinyatakan padam total. Tapi ternyata karena angin kencang meniup-meniup lama-lama muncul asap tebal dan tinggi. Akhirnya kami diperintahkan untuk meluncur unit yang ada di sektor Penjaringan. Empat unit, satu dibantu oleh Pademangan quick response," terang Buang Miharja di lokasi, Minggu (24/2/2019).

Meski begitu, Buang mengatakan, pihaknya tetap menyiagakan mobil pemadam di lokasi kejadian kapal terbakar. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Itu bentuknya mungkin panas karena masih panas berasap. Tapi kalau dibiarkan kena angin, lama-lama jadi api," ujar dia.

Buang menargetkan proses pendinginan akan selesai pukul 12.00 WIB. "Kapal nggak di sini saja nih, ada juga yang ngumpul di sana tuh. Sekarang fokus di sini nanti bergeser. Yang sedang dipadamkan dulu nanti bergseser ke sebelah utara," pungkas dia.

Pantauan di lokasi, petugas pemadam kebakaran masih menyemprotkan air ke sebuah kapal yang kondisinya sudah hangus terbakar. Kapal itu posisinya tengah bersadar di Pelabuhan Muara Baru. Air dialiri ke bagian-bagian yang masih terlihat mengeluarkan asap. .

2 of 3

Ada 18 Kapal

Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu melaporkan ada 18 kapal yang terbakar di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu 23 Februari 2019.

"Hingga saat ini ada 18 kapal yang terbakar," demikian disampaikan Kasudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (23/2/2019). 

Api hingga pukul 20.30 WIB belum bisa dipadamkan meski 15 unit kendaraan pemadam yang terdiri dari tujuh unit pompa, tujuh unit pendukung dan 1 unit kapal pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan sumber api tersebut.

Suara ledakan sempat terdengar pada sekitar pukul 15.44 WIB dari salah satu kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru.

Selain petugas pemadam kebakaran, personel dari PMI, AGD, Satpol PP, Kepolisian, TNI, dan dinas perhubungan turut dikerahkan untuk membantu pemadaman.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by