Ibu Rumah Tangga Jadi Petugas Pelipat Kertas Suara

Oleh Muhammad Ali pada 24 Feb 2019, 09:42 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 09:42 WIB

Fokus, Jakarta - Kegiatan melipat surat suara di Kota Jakarta Selatan telah dimulai sejak Jumat pekan lalu. Sebanyak 1.700.000 surat suara pemilihan presiden telah dilipat dan siap didistribusikan ke TPS jelang pesta demkorasi 17 April mendatang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (24/2/2019), ada 80 orang yang bertugas melipat surat suara untuk 6.449 TPS se-Jakarta Selatan. Mereka umumnya lanjut usia dan ibu rumah tangga di dua tempat, yakni di GOR Cilandak dan GOR Pancoran, Jakarta Selatan.

Ketua KPU Jakarta Selatan, Agus Sudono, meyakini surat suara yang dilipat oleh masyarakat sekitar ini dijamin keamanannya dari praktik curang.

"Kemampuan pekerja melipat ini luar biasa perlu waktu, ini kan kita melibatkan unsur masyarakat," kata Ketua KPU Jaksel Agus Sudono.

Selain mengisi waktu luang, para pekerja pelipat kertas suara ini tentu mendapatkan imbalan sesuai yang mereka kerjakan. Hingga saat ini, hanya tersisa surat suara DPD yang belum di distribusikan ke GOR Pancoran untuk dilipat. (Rio Audhitama Sihombing)