Sajadah Dipakai Alas Senam Saat Kampanye, Bawaslu Periksa Caleg DPRD DKI

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 22 Feb 2019, 10:27 WIB

Fokus, Jakarta - Bawaslu Jakarta Barat memeriksa caleg yang diduga melakukan pelanggaran pemilu menyusul viralnya video karpet sajadah yang terinjak saat senam bersama warga di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Usai diperiksa, Caleg DPRD DKI Dapil 9, Dody Akhmadsyah Matondang, mengaku khilaf dan memohon maaf kepada masyarakat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (22/2/2019), Kamis sore, 21 Februari kemarin, Dody Akhmadsyah Matondang, Caleg DPRD DKI nomor urut 6 dari salah satu parpol peserta pemilu itu diperiksa tim penyidik di Kantor Bawaslu Jakarta Barat di kawasan Kebon Jeruk. Dody diperiksa secara tertutup selama satu jam untuk dimintai keterangannya terkait dugaan pelanggaran kampanye tersebut.

Pemeriksaan itu bertujuan untuk mengetahui kronologi dugaan pelanggaran kampanye, baik dari segi administratif maupun tindak pidana pemilu, menyusul adanya polemik karpet sajadah yang terinjak saat senam dan viral di media sosial.

Sebelumnya, Bawaslu juga telah meminta keterangan pengurus RT dan RW, serta pihak panitia penyelenggara senam, perihal video yang viral di media sosial dan pelaksanaan senam bersama yang melibatkan caleg tersebut. (Galuh Garmabrata)