Menristekdikti Harap Muncul 1.000 Startup Baru di 2019

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 21 Feb 2019, 11:38 WIB
Diperbarui 21 Feb 2019, 12:17 WIB
Menristekdikti Mohamad Nasir

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong mahasiswa untuk terlibat penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya penelitian yang menghasilkan inovasi. Sebab, startup bisa terbentuk dari kolaborasi ide dosen dengan mahasiswa dalam praktik atau uji lapangan.

"Seperti diketahui unicorn startup Indonesia didominasi hasil pemikiran anak muda. Saat ini sudah muncul 956 startup dari dosen dan mahasiswa. Harapan kami bisa bertambah 1.000 tahun ini," tukas Nasir saat meresmikan gedung baru Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Pertanian UPN Veteran Jawa Timur, di Surabaya, Selasa 19 Februari 2019.

Nasir menambahkan, pembangunan SDM di bidang Iptek juga menjadi prioritas Kemenristekdikti sesuai dengan fokus kerja pemerintahan Jokowi di 2019.

"Tidak hanya membangun infrastruktur, membangun SDM yang unggul dan berdaya saing di bidang Iptek dalam menghadapi Industri 4.0 dan Society 5.0 merupakan fokus pemerintah di 2019,” ucap Nasir.

Ia menegaskan, kesuksesan perguruan tinggi tidak hanya dinilai dari jumlah gedung, fasilitas yang dimiliki, dan jumlah dosen. Namun, yang terpenting adalah kontribusinya dalam menghasilkan SDM yang berkompetensi dan berdaya saing tinggi secara global, serta menghasilkan dan mengaplikasikan Iptek bagi masyarakat.

2 of 2

Tingkatkan Pembelajaran

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jatim Akhmad Fauzi mengungkapkan, penambahan gedung ini diharapkan bisa meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa di kedua fakultas. Pasalnya, dua gedung ini memiliki fasilitas ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi dan ruang serbaguna.

"Dengan penambahan gedung ini, kedua fakultas bisa menambah daya tampung. Secara keseluruhan di tingkat universitas penambahan gedung ini membuat kuota penerimaan mahasiswa baru naik 24 persen," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by