Sukses

PDIP Bangun Kantor DPD Terbesar di Yogyakarta

Kantor baru PDIP dengan 5 lantai ini berlokasi di Jalan Tentara Rakyat Mataram, Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, memimpin upacara penyelesaian konstruksi kantor DPD PDIP Provinsi DI Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini diawali dengan upacara adat setempat.

"Upacara adatnya sendiri dipimpin oleh Romo Hanung. Upacara ini sebagai wujud doa agar niat baik pembangunan ini bisa berjalan lancar dan selalu berada dalam kesimbangan," tulis Hasto dalam keterangan pers diterima, Rabu (21/2/2019).

Selain Hasto, upacara juga dihadiri oleh Ketua DPD PDIP Yogyakarta Bambang Praswanto, Anggota DPR RI Lazarus yang bertugas mengawasi pengerjaan gedung, serta Nuryadi, Anggota DPRD DIY yang bertugas sebagai tim.

Diketahui, kantor baru dengan 5 lantai ini berlokasi di Jalan Tentara Rakyat Mataram, Yogyakarta. Gedung ini menjadi kantor partai terbesar untuk tingkat provinsi dan diniatkan menjadi rumah kebudayaan rakyat.

"Nantinya masyarakat boleh menggunakannya untuk latihan tari, pertunjukan seni, hingga berbagai acara tradisi lainnya," jelas Hasto.

Kantor partai ini dirancang dengan konsep ramah lingkungan dan sangat khas Yogyakarta. Ornamen batik dan gamelan akan dimunculkan di gedung itu sebagai wujud tradisi adat istiadat.

Hal ini dilakukan, mengingat kecintaan pada lingkungan yang selalu dikobarkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, maka di lantai dasar dan bagian tengah gedung akan menjadi taman.

"Lantai satu ini melambangkan sikap orang Yogya yang terbuka. Makanya ini nanti jadi rumah rakyat. Bangunannya juga mencerminkan hal itu, ditambahkan perhatian Ibu Mega atas lingkungan, di tengah ini nanti ada taman," terang Hasto lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipersembahkan untuk Megawati

Nantinya, kantor yang telah dibangun sejak November 2018 ini akan dipersembahkan khusus untuk Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang lahir di kota tersebut. Karenanya ukuran kantor ini dibuat spesial dengan besar hampir setara kantor pusat PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta, menjadi lebih bermakna.

"Kantor ini kami persembahkan buat Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau lahir di Yogja, ari-arinya ada di Yogja. Kantor ini sekaligus simbolisasi, partai sebagai pusat pengembangan kebudayaan bisa dilakukan," Hasto menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.