Pesan Jokowi untuk Kepala Desa Saat Kelola Dana Desa

Pesan Jokowi untuk Kepala Desa Saat Kelola Dana Desa

Di hadapan ribuan kepala desa dan perangkat desa se Indonesia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sejumlah pesan terkait pemanfaatan dana desa di Ecovention Hall Ancol, Jakarta Utara, Rabu kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (21/2/2019), Jokowi kembali mengingatkan agar para kades bertanggung jawab mengelola dana yang besar tersebut untuk kepentingan warganya. Jokowi juga memberi kesempatan para kades menyampaikan hasil yang dicapai dengan memanfaatkan dana desa.

Jokowi berharap dana desa dapat dimanfaatkan untuk meningkatan roda perekonomian di desa, pengadaan bahan baku pembangunan infrastruktur hingga pekerja diharapkan semuanya berasal dari desanya sendiri.

"Anggaran itu tolong kalau ada proyek misalnya, usahakan agar matrial-matrial yang ada itu dibeli di desa itu, kalau tidak ada beli di desa lain tapi yang masih satu kecamatan," ujar Presiden RI Joko Widodo.

Selama empat tahun masa pemerintahan Jokowi, pemerintah telah mengucurkan total Rp 187 triliun sebagai dana desa. Pada tahun 2019 ini pemerintah menganggarkan dana desa hingga Rp 70 triliun. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 21 February 2019, 07:58 WIB

Video Terkait

Spotlights