Polisi Pastikan Ledakan di Pasar Cilacap Hasil Disposal Bom Palsu

Oleh Nafiysul Qodar pada 19 Feb 2019, 11:40 WIB
Diperbarui 19 Feb 2019, 15:16 WIB
Kebakaran Ruko di Cipulir, Pasutri Lansia Ditemukan Tewas

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memastikan suara ledakan yang terdengar di Pasar Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pagi tadi merupakan hasil disposal (metode menghancurkan) benda mencurigakan berupa fake bomb atau bom palsu. Disposal tersebut dilakukan tim penjinak bom dari Gegana Polda Jawa Tengah.

"Itu disposal yang dilakukan Gegana. Itu fake bomb, bukanĀ bom beneran. Ada (material berupa) paralon," ujar Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Triatmaja saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Agus memastikan, suara ledakan tersebut terjadi akibat proses disposal, bukan dari bom. Saat ini, kata dia, situasi di lokasi kejadian sudah kondusif dan kembali beraktivitas secara normal.

"Sudah normal kok sekarang. Sudah selesai olah TKP (tidak ada police line lagi)," tuturnya.

2 of 3

Laporan Benda Mencurigakan

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Agus Triadmaja mengatakan, ledakan tersebut berasal dari benda yang didisposal (sengaja diledakkan) oleh Tim Gegana Polda Jateng dan Polres Cilacap.

"Ada laporan benda mencurigakan, Polres Cilacap mengamankan dan kemudian didisposal Gegana," kata Agus saat dikonfirmasiĀ Liputan6.com.

Meski demikian, belum diketahui benda apa yang diuraikan dan dihancurkan tim penjinak bom tersebut.

"Kami masih menunggu laporannya," ujar Agus.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓