Sukses

Gempa Hari Ini di Malang Tak Timbulkan Korban Jiwa dan Kerusakan Bangunan

Kabupaten Malang, Jawa Timur, diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9 pada pukul 02.30 WIB, Selasa (19/2/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Malang, Jawa Timur, diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9 pada pukul 02.30 WIB, Selasa (19/2/2019). Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB) menyatakan gempa dengan kedalaman 10 km tersebut tidak menimbulkan dampak merusak dan tidak berpotensi tsunami.

"Posko BNPB telah melakukan konfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD yang merasakan guncangan gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. 

Antara lain, gempa hari ini dirasakan sedang selama 3-4 detik di Kabupaten Malang, dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kota Malang, dirasakan kuat selama 5 detik di Kabupaten Lumajang, dirasakan sedang selama 3-4 detik di Kabupaten Blitar, dirasakan sedang selama 3-4 detik di Kota Batu dan gempa tidak dirasakan di Provinsi Bali.

Hingga saat ini, lanjut Sutopo, belum ada laporan dampak akibat kejadian gempa tersebut. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa.

"Sebagian masyarakat melakukan respons dengan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa. Kondisi masyarakat normal dan beraktivitas seperti biasa," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendataan

BPBD, sambung Sutopo, saat ini masih melakukan pendataan di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Ia pun mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, jangan percaya pada isu-isu menyesatkan karena hingga saat ini belum ada negara dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti kapan, di mana, kekuatannya, lokasi detil, dan lainnya.

"Kita tinggal di negara yang rawan gempa sudah sepantasnya selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi gempa. Kita harus harmoni dengan alam yang ada. Gempa adalah selalu terjadi. Pada tahun 2017 terjadi gempa kecil hingga besar sekitar 6.000 gempa sedangkan pada 2018 terjadi lebih dari 11.000 kali kejadian gempa," Sutopo memungkasi.

 

Reporter: Nur Habibie

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

    BNPB