Sukses

Job Fair di Kota Tangerang, Pencari Kerja Cukup Pakai QR Code untuk Masukan Lamaran

Sebelum pelaksanaan job fair, para pencari kerja diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online melalui Aplikasi Tangerang LIVE

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang baru dan unik dalam pelaksaan Job fair 2019 di Kota Tangerang. Penyelenggaranya yakni Dinas Ketenagakerjaan, menggunakan sistem digital atau QR Code untuk tiap pelamarnya. 

Cara awalnya, sebelum pelaksanaan job fair, para pencari kerja diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online melalui Aplikasi Tangerang LIVE. Di sanalah para pelamar mengisi curriculum vitae (CV) secara lengkap seperti untuk melamar pekerjaan. 

"Jadi ketika datang, mereka tidak perlu lagi membawa CV atau riwayat hidup, kan repot ditenteng begitu," ucap Rakhmansyah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, di GOR  Balai Rakyat, Kamis, 14 Februari 2019.

Jadi ketika datang, mereka hanya perlu registrasi ulang. Kemudian datangi setiap stand perusahaan yang diminati, lalu cukup scan QR code yang telah disediakan di setiap tenant perusahaan peserta job fair. 

"Ini inovasi baru atas evaluasi kita, di job fair sebelumnya yang masih menggunakan sistem manual," ujar Rakhmansyah.

Ribuan lowongan pekerjaan dengan berbagai formasi jabatan tersedia dari ratusan perusahaan. Job Fair yang akan dilaksanakan selama dua kali di bulan Februari ini juga dalam rangka HUT Kota Tangerang ke 26.

"Ada sekitar 2001 lowongan pekerjaan dengan formasi 159 jabaran, mulai dari sales, operator, staff, hingga asisten manager," jelas dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagi dalam Beberapa Sesi

Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pencari kerja, pihak Disnaker juga telah membagi beberapa sesi.

"Dalam satu sesi kita kuotakan 150 pencari kerja untuk memilih lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi," tutur Rakhmansyah. 

Dona Arista, mengaku sangat dibantu dengan hadirnya job fair yang menggunakan sistem QR code, karena dapat menghemat pengeluarannya yang baru lulus di bangku kuliah

"Karena daftarnya secara online, lalu tinggal scan QR codenya aja, jadi kita enggak usah repot-repot dan nyiapin ongkos untuk bawa fisik lamaran ke job fairnya," kata dia.    

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.