Sungai Lariang Meluap, Pasangkayu Banjir Lagi

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 14 Feb 2019, 14:19 WIB

Liputan6.com, Sulawesi Barat - Ratusan warga Dusun Kalindu, Desa Lariang, Kecamatan Tinkke Raya, Pasangkayu, Sulawesi Barat, kembali terisolir akibat banjir. Hal ini karena Sungai Lariang meluap akibat tanggul penahan banjir jebol dan tak kunjung dibangun.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (14/2/2019), banjir menyebabkan jalan penghubung dusun menuju Ibu Kota Pasangkayu terputus.

Warga yang bermukim di sepanjang muara sungai semakin was-was karena hujan tak henti mengguyur. Warga khawatir Sungai Lariang meluap lagi.  

“Tanggul jebol sudah lama ya. Tanggul jebol ini sudah sering dukunjungi pemerintah tetapi belum juga dibangun,” kata Tahebe.  

Luapan sungai lariang tidak hanya merendam areal pertanian dan perkebunan milik warga, namun juga permukiman penduduk. Rumah-rumah warga di dusun kalindu terendam banjir hingga ketingian 70 cm.  

Namun ratusan warga yang tinggal di dusun kalindu hingga kini masih enggan mengungsi. Selain karena tak punya tempat tinggal lain, warga juga khawatir meninggalkan harta benda mereka. (Karlina Sintia Dewi)