Perjuangan Warga Gresik Seberangi Sungai Deras Demi Makamkan Jenazah

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 14 Feb 2019, 12:51 WIB

Fokus, Gresik - Rekaman video amatir warga ini memperlihatkan saat sejumlah warga Dusun Gorekan Lor, Desa Cermen, Kedamean, Gresik, Jawa Timur, berjuang menyebrangkan keranda berisi jenazah melintasi derasnya Sungai Lamong.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (14/2/2019), hal ini mereka lakukan agar bisa menguburkan jenazah di tempat pemakaman umum yang berada di seberang sungai. Tindakan nekat warga masuk ke dalam sungai yang berarus deras ini karena tidak ada jembatan penghubung.

Kendati derasnya arus sungai sempat membuat pembawa keranda terbawa arus, akhirnya warga berhasil membawa jenazah ke tepi dan menguburkannya. Peristiwa yang diunggah warga setempat ke media sosial itu pun kemudian viral.

Sebenarnya, ada jembatan penyebrangan di Sungai Lamong. Hanya saja jaraknya sekira 4 kilometer dari Dusun Gorekan Lor dan harus menggunakan mobil. Karena itulah, selama ini bila harus memakamkan jenazah warga desa lebih memilih membawanya melewati sungai. Pembangunan jembatan di desa mereka menjadi hal yang sangat dinanti-nanti. (Muhammad Gustirha Yunas)

Santri yang Dianiaya Rekan Sendiri Akhirnya Meninggal

Tutup Video