3 Kondisi Ani Yudhoyono Saat Dirawat di Rumah Sakit

Oleh Maria Flora pada 13 Feb 2019, 20:15 WIB
Diperbarui 13 Feb 2019, 20:15 WIB
Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah berjuang melawan kanker darah yang dideritanya. Perempuan yang akrab dipanggil Ibu Ani itu kini tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit National University, Singapura, terhitung sejak 2 Februari 2019.

Tak sedikit doa serta dukungan dari seluruh keluarga besar dan tokoh penting negeri ini dipanjatkan untuk kesembuhan wanita kelahiran Yogyakarta, 6 Juli 1952 itu.

Begitu pula dari para warganet yang terus memberikan semangat untuk kesembuhan Ibu Ani Yudhoyono lewat #CepatSembuhBuAni. Salah satu ciutan datang dari Fajar Surya.

 

"Semoga cepat diangkat penyakitnya Bu Ani." Disertai dengan emoticon dua tangan terkatup di dada, simbol doa.

Dalam foto yang dipostingnya, terselip pula doa agar keluarga diberi ketabahan dan selalu setia mendampingi. Lantas, seperti apa kondisi Ani Yudhoyono di di Singapura setelah divonis kanker darah:

2 dari 5 halaman

1. Masih Dalam Tahap Observasi

Kasih Sayang Ani Yudhoyono untuk SBY di Hari Batik Nasional
Ani Yudhoyono turut rayakan hari Batik Nasional, Kamis (2/10/2014).

Adalah Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang mengunggah foto Ibu Ani tengah berbaring saat dijenguk Mantan Menkopolhukam era SBY, Djoko Suyanto beserta istri. 

 

Andi juga mengungkap kondisi Ibu Ani yang saat ini masih dalam tahap observasi oleh dokter dari Singapura dan Dokter Kepresidenan. Dia juga meminta doa pada masyarakat Indonesia untuk kesembuhan istri Presiden ke-6 RI SBY.

"Bu Ani sedang tahap observasi, mohon doa dari masyarakat Indonesia untuk Bu Ani agar bisa kembali beraktivitas. Mohon maaf jika banyaknya masyarakat yang mau menjenguk. Namun karena alasan tertentu pihak tim kedokteran untuk sementara melarang. Sekali lagi mohon doa dan terima kasih atas perhatiannya," ucap Andi.

3 dari 5 halaman

2. Terbaring Lemas

SBY Beserta Keluarga Memilih di Cikeas Bogor
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu Ani menunjukkan surat suara sebelum mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 06 Nagrak, Bogor, Rabu (27/6). SBY menggunakan hak pilih untuk Pilgub Jabar dan Pilbup Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi sang ibu yang tengah terbaring lemas di ruang perawatan juga ditunjukkan sang putra bungsu Edhy Baskoro Yudhoyono lewat akun akun instagramnya @Ibasyudhoyono.

Meski terbaring lemas di tempat tidur dengan wajah yang pucat, Ibu Ani tetap berusaha tersenyum manis untuk anak, menantu, dan cucu-cucunya.

 
 
 
View this post on Instagram

Mungkin foto/post ini adalah foto/post yang tidak begitu menyenangkan bagiku & keluargaku; disertai dengan senyuman rasa haru tapi aku percaya bahwa Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Menyembuhkan, Tuhan Yang Maha Mendengar, Tuhan Yang Maha Mengabulkan segala doa’ agar benar-benar menyembuhkan hingga kembali sehat walafiat tanpa kurang satu apapun Memo-ku Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo tercinta dari segala rasa sakit (blood cancer) ini. Aku berdoa setiap saat dalam nafasku, tawakal dan ikhlas agar ada mukjizat dan kemurahan Allah SWT mengabulkan doa hambamu ini seorang anak yang sangat menyayangi ibunya agar dimudahkan, dilancarkan dan diberikan semangat untuk sembuh dari segala perawatan & pengobatannya . Amiiin Amiiin Amiiin Ya Allah Ya Rabb.. Terima Kasih juga kepada semuanya termasuk keluarga besar, para dokter dan suster yang turut mendoakan, memberikan support dan merawat selama ini kepada Memo. InsyaAllah Tuhan mengabulkan doa-doa semua yang terindah termasuk memberikan kita semua panjang usia, kesehatan dan kekuatan dalam kehidupan ini. Salam hormatku untuk semua. Selamat, Sehat, Sukses dan Rahayu 🙏🏻🙏🏻

A post shared by Edhie Baskoro Yudhoyono (@ibasyudhoyono) on

 

"Mungkin foto/post ini adalah foto/post yang tidak begitu menyenangkan bagiku dan keluargaku. Disertai dengan senyuman rasa haru," tulis Ibas dalam keterangan foto tersebut.

Namun, Ibas melanjutkan, dia percaya Tuhan akan mengabulkan segala doa dan benar-benar memberikan mujizat kepada sang Ibunda.

4 dari 5 halaman

3. Wajah Pucat

Ibu Ani Yudhoyono menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit National University, Singapura, sejak 2 Februari 2019. Itu berarti ibu dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini telah 11 hari menjalani pengobatan kanker darah yang didapnya.

Sesaat pernyataan resmi SBY dalam sebuah video yang mengabarkan kondisi sang istri, beredar foto-foto yang memperlihatkan Ibu Ani tengah terbaring di rumah sakit.

Tidak hanya terlihat lemas, Ibu dari Ibas dan AHY ini juga terlihat pucat. Hal ini terlihat dari akun @AndiArief yang diposting pada hari ini, Rabu (13/2/2019). Dalam foto tersebut terlihat SBY tengah mengusap wajah istrinya yang nampak pucat dengan penuh kasih sayang.

"Semua orang akan mendapatkan ujian. Tapi kesetiaan akan dikenang selalu," tulis Andi Arief di Twitter seperti dikutip Health Liputan6.com dari akun @AndiArief_ pada Rabu, 13 Februari 2019.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓