Sukses

Ajak Pemkab Naik Kelas, Apkasi Sosialisasikan Otonomi Expo 2019 di Balikpapan

Kegiatan Otonomi Expo 2019 menjadi langkah konkret Apkasi dalam mempromosikan 416 anggota pemkab ke pasar Internasional.

Liputan6.com, Balikpapan - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengajak pemerintah kabupaten (pemkab) di seluruh Indonesia untuk menggapai kesuksesan dalam pasar global. Untuk itu, asosiasi ini terus menggaungkan Apkasi Otonomi Expo 2019 (#AOE19).

Saat menggelar kegiatan sosialisasi #AOE19, di Balikpapan, Selasa 12 Februari 2019, Apkasi terus menggaungkan tujuan tersebut.

Sekretaris Jenderal Apkasi, Najmul Akhyar dalam sambutannya menggarisbawahi bahwa kegiatan #AOE19 merupakan langkah konkret Apkasi dalam menjalankan salah satu fungsinya, yakni mempromosikan 416 anggota pemkab ke pasar Internasional.

Bidang promosi itu meliputi komoditas, investasi dan pariwisata yang dimiliki oleh masing-masing daerah .

Najmul menjelaskan bahwa sejak 2001, Apkasi telah menggelar 14 kali even promosi produk unggulan daerah yang berdampak cukup signifikan terhadap nilai investasi dan perdagangan para peserta expo.

“Contohnya Kabupaten Lombok Utara sendiri rutin mengikuti even tahunan Apkasi Otonomi Expo ini dan manfaatnya telah kami rasakan,” terang Najmul dalam keterangannya, Rabu (13/2/2019).

Pria yang yang juga Bupati Lombok Utara ini memberikan contoh hasil nyata mengikuti pameran tersebut selama dua tahun terakhir. Yaitu ditandai dengan kerja sama antara Pemkab Lombok Utara dengan pengusaha dari New Zealand dan Malaysia di bidang pertanian.

Bahkan, sambung Najmul, manfaat ini tak hanya dinikmati masyarakatnya saja, tetapi juga masyarakat tetangga kabupaten yang ikut membantu memenuhi order dari luar negeri yang masih kurang banyak dipasok dari daerahnya sendiri.

Untuk itu ia Najmul mengajak para perwakilan pemkab yang hadir dalam Apkasi Otonomi Expo 2019 agar bisa memanfaatkan pameran ini untuk naik kelas, memasarkan komoditas, investasi dan potensi pariwisata unggulan yang dimiliki daerah ke pasar global.

“Spirit dari acara ini adalah maju bersama, dari kita dan untuk kita, sehingga kalau kita bersatu padu, insyaAllah bisa meraih apa yang kita harapkan bersama,” imbuhnya lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminati Masyarakat Luas

Selaras dengan pandangan itu, Mukodam, Sekretaris Dinas DPMPTSP Kabupaten Purbalingga mengatakan dengan mengikuti Apkasi Otonomi Expo, barang-barang UKM yang menjadi unggulan di Kabupaten Purbalingga kini dikenal masyarakat luas.

“Kami memiliki sentra industri bulu mata dan rambut palsu yang melibatkan masyarakat banyak dan kini produk tersebut telah mendunia. Alhamdulillah permintaan dari negara-negara lain cukup banyak, sehingga kesejahteraan masyarakat kami dengan sendirinya juga ikut terangkat,” katanya bersemangat.

Kegiatan #AOE19 akan berlangsung pada Rabu-Jumat, 3-5 Juli 2019 bertempat di Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), GBK-Senayan Jakarta.

Agenda utama kegiatan itu antara lain pameran/expo, executive dialogue dan business matching forum, workshop bertema city branding, kegiatan field trip, pertunjukan seni budaya daerah,

Selain itu juga akan digelar zona kuliner nusantara, pemilihan Putri Otonomi Daerah untuk ketiga kalinya, serta yang teranyar adalah Apkasi Film Festival.

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Potensi Daerah Apkasi, Syaifuddin Ch Kai mengugkapkan, even pameran ini cukup diminati masyarakat luas. Biasanya tak kurang dari 10 ribu pengunjung menyaksikan gelaran pameran tersebut.

Ia menambahkan, sepanjang penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2018 lalu, telah terjadi transaksi bisnis secara langsung maupun kesepakatan transaksi investasi yang tercatat lebih dari 2 triliun rupiah transaksi bisni.

"Di mana kontribusi paling besar berasal dari sektor infrastruktur," imbuh Syaifuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.