Sukses

Sultan Brunei Darussalam Puji Varietas Padi dari Indonesia

"Alhamdulillah, hasil panen diperkirakan sesuai dengan harapan."

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Brunei Darussalam sedang melaksanakan panen raya padi Hibrida Varietas Sembada 188. Panen ini menjadi penanda suksesnya Kerjasama Indonesia dan Brunei di bidang pertanian. Sebab, padi Sembada merupakan padi asli Indonesia yang diproduksi oleh PT Biogene Plantation.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah mengungkapkan panen perdana padi asal Indonesia ini, diperkirakan mencapai 5,5 hingga 6,5 ton gabah kering giling per hektar atau setara dengan dua kali di atas rata-rata hasil panen varietas padi lain, di negara Brunei Darussalam.

"Alhamdulillah, hasil panen diperkirakan sesuai dengan harapan. Maka ke depan kami akan kembali melakukan impor benih padi Sembada 188," kata Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Selasa (12/2).

Sultan mengatakan sebaiknya benih Padi Sembada 188 segera disebarluaskan ke semua petani di Brunei Darussalam, untuk meningkatkan ketahanan pangan negeri petro dollar itu.

"Saya berharap segera disebarluaskan," ujar Sultan yang didampingi Putra Mahkota dan kerabat Diraja serta para pejabat Kementerian terkait, beberapa Duta Besar asing di Bandar Seri Begawan, termasuk Duta Besar RI dan Direktur Utama PT Biogene Plantation.

Sebagai catatan, Indonesia berhasil mengekspor padi varietas tersebut sebanyak dua ton. Padi itu sudah disebar ke petani untuk ditanam di lahan seluas 265 hektar. Kabarnya, saat ini pihak Brunei kembali sedang dalam proses mengimpor benih sebanyak 2,5 ton untuk musim tanam mendatang.

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko mengatakan bahwa kesempatan ini sebaiknya mampu diikuti dengan masuknya produk-produk penunjang pertanian lain seperti pupuk, traktor pengolah tanah dan pemanen padi.

"Kepercayaan Pemerintah Brunei Darussalam menjadi pemicu bagi perusahaan untuk melakukan yang terbaik. Perusahaan akan terus melakukan pengawalan dan knowledge sharing kepada para petani Brunei Darussalam bagi keberhasilan penanaman padi Sembada 188 di masa mendatang," katanya.

Untuk diketahui pada Oktober 2018, Sultan telah melakukan penanaman perdana benih Padi Sembada 188 dalam rangka Hari Keputeraan (Ulang Tahun) Sultan ke-73.

Selain kawasan Wassan Padi Field seluas 265 hektar, pihak Kementerian Sumber-sumber Utama dan Pelancongan Brunei Darussalam akan mengembangkan lahan seluas 500 hektar di kawasan Kandol, Kuala Belait.

"Nah Sembada 188 diharapkan dapat mendongkrak hasil tanam padi nasional Brunei dari 2.349 ton padi pada 2017 menjadi 3.000 ton pada 2018 dan 4.000 ton pada 2020," jelas Sujatmiko.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini