Sukses

Gempa Hari Ini Papua dan Bandung Diguncang Lindu Magnitudo 4,1

Kedua gempa di masing-masing wilayah terdeteksi memiliki kekuatan magnitudo yang sama dengan pusat gempa berada di laut.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa mengguncang dua wilayah Indonesia hari ini, Senin (11/2/2019). Dilaporkan getaran gempa dimulai pada pukul 13.08 WIB hingga 15.16 WIB.

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), getaran lindu terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan Kabupaten Jayapura, Papua.

Kedua gempa di masing-masing wilayah terdeteksi memiliki kekuatan magnitudo yang sama dengan pusat gempa berada di laut. Namun, kedua gempa dilaporkan tak berpotensi tsunami. 

Berikut dua gempa yang mengguncang dua wilayah Tanah Air hari ini: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Guncang Bandung

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan kekuatan magnitudo 4,1 dengan kedalaman 10 kilometer. 

Meski tak berpotensi tsunami gempa dirasakan hingga Kecamatan Bojongsoang dan Banjaran dengan pusat gempa berada di darat 17 kilometer tenggara Kabupaten Bandung. 

Sementara itu, lokasi lindu dilaporkan berada pada 7,27 Lintang Selatan (LS) dan 107,71 Bujur Timur (BT). 

 

3 dari 3 halaman

Gempa di Jayapura Papua

Gempa kedua terjadi di Kabupaten Jayapura, Papua. Seperti Bandung, pusat gempa juga terjadi di darat dengan kekuatan magnitudo 4,1. 

Sementara, lokasi gempa berada pada koordinat 2,62 LS, 140,45 BT atau lebih tepatnya terletak pada 8 km di bagian barat Daya Kabupaten Jayapura.

BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 7 kilometer tidak berpotensi tsunami. Namun, getarannya dirasakan hingga Kabupaten Jayapura, Sentani dan Geyem, salah satu perkampungan yang terletak di Kabupaten Jayapura. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.