Wisata Unik Tubing Saluran Irigasi Sawah di Yogyakarta

Wisata Unik Tubing Saluran Irigasi Sawah di Yogyakarta

Prihatin akan kotornya saluran irigasi sawah, warga Dusun Cageran, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, menyulap saluran irigasi menjadi obyek wisata tubing yang indah dan menarik. Wisata tubing pun ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (10/2/2019), keprihatinan warga Dusun Cageran akan maraknya oknum yang sering membuang sampah ke saluran irigasi, mendorong mereka untuk melakukan perubahan.

Warga membersihkan saluran irigasi, mengecat talud irigasi dengan warna-warni ceria, serta menanami pinggiran saluran dengan berbagai jenis tanaman bunga yang indah.

Upaya ini pun berbuah manis. Setiap harinya, terutama di akhir pekan, lokasi irigasi ramai dikunjungi warga terutama anak-anak.

"Melihat potensi yang ada sangat bagus dan bermanfaat. Kita coba membuat. Antusias masyarakat sekitar bagus ya ternyata," ujar pengelola, Oki Linggarjati.

Hanya dengan membayar Rp 5.000 per orang, pengunjung bisa bermain wahana tubing atau susur irigasi menggunakan ban. Keseruan pun bertambah karena adanya tantangan melewati terowongan di bawah jembatan. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 10 February 2019, 16:25 WIB

Video Terkait

Spotlights