Mencoba Fasilitas Lift di JPO Ibu Kota

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 10 Feb 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 10 Feb 2019, 10:36 WIB

Liputan6SCTV, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang gencar melakukan pembangunan jembatan penyebrangan orang (JPO) di ibu kota. Lebih istimewa lagi, JPO-JPO baru tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas lift untuk penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (10/2/2019), dengan rangka baja dan arsitektur atap berdesain kekinian, JPO Sumarno, jadi ikon baru di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Tapi yang paling unik dari JPO yang baru selesai dibangun itu adalah keberadaan fasilitas lift di masing-masing ujung jembatan.

Alat angkut vertikal tersebut beroperasi mulai Senin hingga Jumat, sejak pagi hingga sore hari, yang diprioritaskan bagi penyandang disabilitas, wanita hamil, lanjut usia, dan ibu yang membawa anak.

Desain yang tak kalah menawan juga diterapkan pada JPO di kawasan Jelambar, Jakarta Barat. Menggunakan filosofi adat betawi, jembatan berwarna unik itu juga ramah kaum difabel.

Selain menggunakan fasilitas lift di kedua sisinya, JPO yang sudah beroperasi sejak 14 Januari lalu itu juga menjamin keamanan penggunanya. Di antaranya keberadaan kamera pengawas (CCTV), serta petugas yang siap berjaga. (Galuh Garmabrata)