Sukses

Kata Ketua DPR Atas Rencana Jalur Tol Motor di Medan dan Bandung

Dari sisi keadilan, tambah Bamsoet, jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda di jalan tol, memberikan asas keadilan semua warga.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) yang berencana membangun jalur tol khusus motor di Medan dan Bandung. Proyek pembangunan itu direncanakan berlangsung pada tahun ini.

Dukungan diberikan saat Bamsoet menerima CEO CMNP Tito Sulistio di DPR, Jumat (8/2/2019).

“Pengelola jalan tol sepatutnya tidak hanya mengejar keuntungan semata tapi juga ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas rakyat kita yang masih tinggal di rumah-rumah BTN pinggiran kota," ujar Bamsoet dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, biaya membangun ruas jalan tol untuk mobil per-kilometer di atas tanah datar kurang lebih Rp80-Rp100 miliar per kilometer. Sedangkan biaya pembangunan jalur khusus motor dengan lebar 2,5 meter plus 1 meter untuk bahu jalan kanan kiri kurang lebih Rp 30-Rp.50 miliar per kilometer.

Jika mengacu tarif tol Bali Mandara untuk mobil Gol I Rp 11.500 dan untuk motor Rp 4.500, mengingat volume pengguna motor populasinya sangat besar.

Dari sisi keadilan, tambah Bamsoet, jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda di jalan tol, memberikan asas keadilan semua warga yang belum beruntung memiliki mobil untuk menikmati jalan tol.

Begitu pula dari sisi keselamatan juga sudah terbukti di Bali. Dengan memberikan jalur khusus motor roda dua dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas kendaraan secara signifikan.

"Untuk lebih menjamin kenyamanan pengguna jalur khusus motor roda dua, jika perlu motor gede dilarang masuk tol khusus motor pada hari-hari kerja," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Moge Dilarang Melintas

Moge cukup diizinkan untuk melalui jalan tol pada hari libur saja. Sedangkan selain itu, biarlah kendaraan bermotor roda dua bermesin kecil yang diizinkan.

"Karena mereka berangkat kerja atau pulang kerja. Sedangkan moge biasanya hanya dipakai untuk keperluan rekreasi para penggemar di hari libur," ucapd ia.

Dalam pertemuan itu dipaparkan rencana jalan tol yang akan dibuka CMNP Group dalam waktu dekat. Yaitu jalan tol dalam kota sepanjang 11 kilometer di kota Medan menyusuri talud sungai Deli dari Maimoon sampai ke Binjai. Proyek ini akan dimulai pada Juni 2019 mendatang.

Kemudian juga akan dibuat tol baru dengan fasilitas jalur khusus kendaraan roda dua di Bandung sepanjang 14 km dari Pasir Koja ke Pasopati. Pembangunan ini akan dimulai pada Maret 2019.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.