Sukses

3 Kondisi Terkini Ahmad Dhani Usai Tempati Rutan Medaeng

Usai menjalani sidang perdana, Ahmad Dhani langsung dititipkan ke Rutan Medaeng.

Liputan6.com, Jakarta - Usai menjalani sidang perdana kasus ujaran kebencian terkait vlognya di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur pada Kamis, 7 Februari 2019, musikus yang juga politikus Ahmad Dhani dipindah ke Rumah Tahanan atau Rutan Klas 1 Medaeng.

Kepala Rumah Tahanan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Teguh Pamuji mengatakan sudah menerima surat resmi dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur terkait status Ahmad Dhani di rutan Medaeng. Ahmad Dhani dititipkan usai sidang perdananya.

Teguh juga memastikan, tidak akan mengistimewakan keberadaan Ahmad Dhani selama berada di Rutan Medaeng.

"Sejak pukul 10.30 WIB tadi, Ahmad Dhani sudah tiba di rutan. Ke depan kami akan lalui atau memperlakukan Ahmad Dhani sesuai dengan prosedur yang ada di rutan," kata Teguh, Kamis, 7 Februari 2019.

Berikut kondisi terkini Ahmad Dhani usai menempati Rutan Medaeng yang dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jalani Masa Pengenalan Lingkungan

Menurut Teguh, hari pertama di rutan, biasanya, tak banyak aktivitas yang dilakukan narapidana/tahanan. Mereka harus melewati masa pengenalan lingkungan atau Mapenaling selama beberapa waktu.

Ahmad Dhani pun demikian, dia menjalani mapenaling selama tiga hingga tujuh hari ke depan.

"Untuk aktivitasnya tidak banyak, karena masih dalam proses pengenalan lingkungan. Waktunya ibadah ya kita arahkan, waktunya makan juga sama, begitupun saat mau olahraga. Mereka lebih banyak bersosialisasi," ucap Teguh.

 

3 dari 4 halaman

2. Tidur Bersama 103 Narapidana Lainnya

Teguh menjelaskan, ruang Mapenaling yang berukuran 5X10 meter tersebut saat ini dihuni sekitar 103 narapidana.

Tempat yang minim tersebut yang melandasi bahwa perlakuan Ahmad Dhani di dalam rutan tak diistimewakan. Mengingat, kapasitas yang ada tidak cukup untuk menempatkan Dhani diruang khusus.

"Tempatnya kan kecil, minimal tiga hari atau seminggu, nanti kalau ada tahanan lain dari Kejaksaan otomatis yang sudah lama kita keluarkan dari Mapenaling. Begitu pun sebaliknya," ujar Teguh.

Di ruang ini, narapidana akan saling bersosialisasi untuk lebih mengenal lingkungan. Mereka juga akan belajar banyak dari petugas.

Terlebih informasi yang berkaitan dengan hak dan kewajiban narapidana saat menjalani hukuman di dalam penjara.

4 dari 4 halaman

3. Dhani Baik-Baik Saja

Teguh juga menuturkan, Ahmad Dhani dalam keadaan sehat pada hari pertamanya di Rutan Medaeng ini.

"Kondisi Ahmad Dhani sehat-sehat saja, bahkan dia sudah bersosialisasi dengan warga binaan lainnya," ujar Teguh, Jumat.

Dia mengatakan, sejak kemarin Ahmad Dhani, sudah melakukan cek kesehatan saat pertama ke rutan. Petugas hanya ingin memastikan tidak ada masalah dalam hal kesehatan warga binaan yang akan menempati Rutan.

"Sesuai prosedur memang harus dilakukan pemeriksaan kesehatan saat akan menempati Rutan," kata Teguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.