Sukses

Waspada, 3 Hari ke Depan Hujan Lebat Disertai Petir Akan Menerpa Sejumlah Daerah

Kondisi ini disebabkan adanya tekanan rendah di Australia Bagian Utara dan sirkulasi siklonik di pesisir barat Aceh (Level 925-800 mb).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk tiga hari ke depan, Rabu hingga Jumat, 6-8 Februari 2019.

Kondisi ini disebabkan adanya tekanan rendah di Australia Bagian Utara dan sirkulasi siklonik di pesisir barat Aceh (Level 925-800 mb).

Sementara itu terdapat pula konvergensi atau pertemuan angin yang memanjang di wilayah Pesisir Barat Sumatera Barat hingga Samudera Hindia Barat Sumatera dan terdapat belokan angin di Sumatera Tengah seperti Riau dan Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Perairan Utara Papua.

"BMKG imbau waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir." Demikian keterangan tertulis dari BMKG, Rabu (6/2/2019).

Wilayah yang diterpa cuaca ekstrem adalah Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah.

"Sementara pada 8 Februari 2018, diwaspadai hujan lebat disertai petir di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, YogyakartaJawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG