5 Aksi Anies Baswedan Saat Kunjungi Wihara di Tahun Baru Imlek

Oleh Devira Prastiwi pada 05 Feb 2019, 19:08 WIB
Perayaan Imlek, Anies Baswedan Sambangi Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hari ini ikut merasakan euforia perayaan Tahun Baru Imlek. Anies memantau langsung perayaan Imlek dengan mengunjungi Wihara Dharma Bhakti di Jakarta Barat.

Kedatangan Anies Baswedan disambut meriah warga, terutama yang mengantre angpau di halaman wihara.

Kedatangan orang nomor satu di Ibu Kota itu juga ditemani putranya. Anies tiba sekira pukul 11.45 WIB. Ia pun mendekati warga. Mereka meneriaki nama Anies Baswedan.

"Pak Anies, Pak Anies," teriak warga.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku selalu rutin mendatangi Wihara Dharma Bhakti saat perayaan Imlek. Ia mengaku kunjungan kali ini sudah yang kelima kalinya.

Berikut hal yang dilakukan Anies Baswedan saat mengunjungi perayaan Imlek Wihara Dharma Bhakti dihimpun Liputan6.com:

2 of 6

1. Jadi Rebutan Selfie Warga

Perayaan Imlek, Anies Baswedan Sambangi Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek 2019 di Vihara Dharma Bhakti Petak 9, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2). Anies memastikan perayaan Imlek 2570 berjalan lancar dan aman. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Kedatangan Anies disambut meriah warga, terutama yang mengantre angpau di halaman wihara. Mereka rata-hendak bersalaman dengan orang nomor satu di Jakarta tersebut.

Saking antusiasnya, sebagian orang sampai terjatuh dan terinjak-injak. Anies tiba sekira pukul 11.45 WIB. Ia pun langsung didekati warga. Mereka meneriaki nama Anies Baswedan.

"Pak Anies, Pak Anies," teriak warga.

Tak hanya itu, Anies juga menjadi buruan warga untuk diajak berfoto bersama. Sayangnya, banyak yang tidak tertib. Akibatnya, tak sedikit yang terjatuh dan terinjak-injak.

Sejumah emak-emak juga terlihat antusias menyambut Anies. Mereka berebut bersalaman dengan Anies Baswedan. Lalu terjadi aksi dorong-dorongan. Beberapa orang bahkan jatuh saat mendekati Anies.

Protokol dari pihak Anies pun langsung membantu warga untuk berdiri kembali dan menenangkan situasi.

 

3 of 6

2. Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

Perayaan Imlek, Anies Baswedan Sambangi Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disambut pengurus selama perayaan Tahun Baru Imlek 2019 di Vihara Dharma Bhakti Petak 9, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2). Anies memastikan perayaan Imlek 2570 berjalan lancar dan aman. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Anies berharap tahun baru ini membawa berkah bagi semua.

"Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta ingin menyampaikan ucapan selamat tahun baru, Gong Xi Fa Cai. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan. Membawa kesuksesan kepada semuanya," ucap Anies.

Pada tahun babi tanah ini, ungkap Anies Baswedan, diharapkan terbukanya banyak peluang di berbagai bidang. Khususnya untuk seluruh warga Jakarta.

"Bahwa ini adalah tahun baru yang disebut sebagai babi tanah. Yang katanya memiliki makna keberkahan, kemudahan rezeki, terbukanya peluang begitu banyak di dalam berbagai bidang. Jadi saya ingin ucapkan selamat," kata Anies Baswedan.

 

4 of 6

3. Melepas Burung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Tak hanya itu, Anies juga sempat melepaskan belasan ekor burung yang menjadi bagian dari tradisi perayaan Imlek.

"Ditandai tadi dengan pelepasan burung. Yang menandakan bahwa keterbebasan dari kungkungan permasalahan menuju kepada kesuksesan," kata Anies.

Dengan pelepasan burung itu, Anies berharap kesuksesan bisa dirasakan berbagai kelompok masyarakat di Jakarta.

"Ini menjadi kesempatan bagi kita sebagai warga Jakarta untuk menguatkan persatuan," Anies memungkasi.

 

5 of 6

4. Ajak Anak-Anaknya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri perayaan Imlek di Petak Sembilan, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri perayaan Imlek di Petak Sembilan, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Anies Baswedan mengatakan, dirinya memang rutin berkunjung ke Wihara Dharma Bhakti saat perayaan Imlek. Ia mengaku kunjungan kali ini sudah yang kelima kalinya.

"Wihara ini yang tertua di indonesia berdiri 1950-an dan di tempat inilah salah satu pusat perayaan tahun baru Imlek. Saya dan anak-anak sudah lima tahun berturut-turut datang ke wihara ini," ucap dia.

Ia pun mengucapkan selamat hari raya imlek. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan, dan kesuksesan.

6 of 6

5. Tak Permasalahkan Banyaknya Pengemis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Saat Menyambangi Wihara Dharma Bakti. (Foto: Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Saat Menyambangi Wihara Dharma Bakti. (Foto: Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Anies Baswedan kemudian tidak mempermasalahkan keberadaan puluhan pengemis yang memenuhi halaman Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat, saat perayaan Imlek 2570.

Anies bahkan sempat meladeni salaman para ibu-ibu dan anak yang mengemis sebelum masuk menghadiri acara Imlek di dalam wihara tersebut.

"Mudah-mudahan rezeki bagi yang memberikan angpau, bertambah rezekinya," kata Anies di Petak Sembilan, Selasa (5/2/2019).

Anies menyebut dengan berbagi rezeki kepada pengemis, maka baik pengemis maupun pemberi saling mendoakan.

"Dengan berbagi, maka kita semua mendoakan. Yang membagi, rezekinya malah meningkat. Dan yang menerima, ikut mendoakan," kata dia.

Mantan Mendikbud itu menyatakan tak ada salahnya berbagi kebahagiaan saat Imlek, termasuk pada yang tidak mampu seperti peminta-minta.

"Sehingga kebahagiaan ada pada semuanya. Gitu ya," Anies Baswedan menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓