4 Tahun Absen, Jokowi Diminta Umat Konghucu Hadir di Perayaan Imlek Nasional

Oleh Liputan6.com pada 05 Feb 2019, 18:02 WIB

Diperbarui 07 Feb 2019, 12:13 WIB

20160208-Umat Tionghoa Kota Bogor Silih Berganti Sembahyang di Vihara Dhanagun-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Provinsi DKI Jakarta Js Liem Liliany Lontoh berharap perayaan Tahun Baru Imlek Nasional pada 10 Februari 2019 di Gedung Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dihadiri Presiden Jokowi.

"Kita mengharapkan kehadiran dari Presiden Jokowi untuk Tahun Baru Imlek 2570 ini karena sudah empat kali lewat, Beliau tidak pernah hadir, jadi kiranya Presiden berkenan hadir," ujar Liliany di Kelenteng Kong Miao, Jakarta, Selasa (5/1/2019). 

Liliany mengatakan perayaan Tahun Baru Imlek Nasional dimulai pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur, sehingga pada 2019, perayaan tersebut akan menjadi yang kesembilan belas kali.

"Dan itu setiap tahun biasanya dihadiri oleh presiden. Hanya ini, nih, empat tahun terakhir ini nih selama Pak Jokowi. Beliau mungkin ada kesibukan apa, jadi belum pernah hadir dalam perayaan Imlek nasional," ujar Liliany seperti dilansir dari Antara. 

Liliany menuturkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjadi Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan sebelumnya juga selalu hadir pada perayaan Tahun Baru Imlek Nasional.

"Perayaan tahun ini akan diadakan pada pukul 15.00 WIB di Gedung Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah," kata dia. 

2 of 2

Terbuka Untuk Umum

Sebelum perayaan Tahun Baru Imlek Nasional di sore hari tersebut, maka pada siang hari, akan diadakan sembahyang di Kelenteng Kong Miao.

"Kita sembahyangnya siang pukul 13.00 WIB, baru nanti menuju ke sana untuk perayaannya di sore hari," tuturnya.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek Nasional itu, ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan antara lain hiburan seperti atraksi barongsai dan tarian.

Perayaan tersebut terbuka untuk umum sehingga tidak hanya disaksikan oleh umat Konghucu tapi dapat juga ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait