Sukses

4 Tahun Absen, Jokowi Diminta Umat Konghucu Hadir di Perayaan Imlek Nasional

Liliany mengatakan perayaan Tahun Baru Imlek Nasional dimulai pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur, sehingga pada 2019 perayaan tersebut akan menjadi yang kesembilan belas kali.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Provinsi DKI Jakarta Js Liem Liliany Lontoh berharap perayaan Tahun Baru Imlek Nasional pada 10 Februari 2019 di Gedung Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dihadiri Presiden Jokowi.

"Kita mengharapkan kehadiran dari Presiden Jokowi untuk Tahun Baru Imlek 2570 ini karena sudah empat kali lewat, Beliau tidak pernah hadir, jadi kiranya Presiden berkenan hadir," ujar Liliany di Kelenteng Kong Miao, Jakarta, Selasa (5/1/2019). 

Liliany mengatakan perayaan Tahun Baru Imlek Nasional dimulai pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur, sehingga pada 2019, perayaan tersebut akan menjadi yang kesembilan belas kali.

"Dan itu setiap tahun biasanya dihadiri oleh presiden. Hanya ini, nih, empat tahun terakhir ini nih selama Pak Jokowi. Beliau mungkin ada kesibukan apa, jadi belum pernah hadir dalam perayaan Imlek nasional," ujar Liliany seperti dilansir dari Antara. 

Liliany menuturkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjadi Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan sebelumnya juga selalu hadir pada perayaan Tahun Baru Imlek Nasional.

"Perayaan tahun ini akan diadakan pada pukul 15.00 WIB di Gedung Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah," kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbuka Untuk Umum

Sebelum perayaan Tahun Baru Imlek Nasional di sore hari tersebut, maka pada siang hari, akan diadakan sembahyang di Kelenteng Kong Miao.

"Kita sembahyangnya siang pukul 13.00 WIB, baru nanti menuju ke sana untuk perayaannya di sore hari," tuturnya.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek Nasional itu, ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan antara lain hiburan seperti atraksi barongsai dan tarian.

Perayaan tersebut terbuka untuk umum sehingga tidak hanya disaksikan oleh umat Konghucu tapi dapat juga ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Imlek