Ratusan Siswa SD di Solo Antusias Saksikan Pertunjukan Barongsai Saat Imlek

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 05 Feb 2019, 16:19 WIB

Liputan6SCTV, Solo - Atraksi barongsai lekat sekali dengan perayaan Imlek, tak terkecuali tahun ini. Liuk tarian barongsai memukau pengunjung tempat wisata di Semarang. Ratusan anak SD di Solo, Jawa Tengah, juga berebut mendekat untuk memberi angpau pada barongsai.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (5/2/2019), ratusan anak SD itu tampak semangat berebut memasukkan angpau ke mulut barongsai. Hal tersebut merupakan tradisi turun temurun ratusan pelajar SD di Solo, Jawa Tengah, dalam merayakan tahun baru Imlek.

Para siswa yang biasanya berseragam, hari ini mengenakan pakaian khas Tionghoa yang identik dengan warna merah menyala. Atraksi barongsai memukau para siswa dengan gerakan menari, meloncat, dan meliuk-liuk. Kepiawaian barongsai beraksi di atas balok kayu semakin menambah meriah suasana.

Pertunjukan barongsai tersebut sebenarnya sudah jadi tradisi sejak tahun 1904 hingga sekarang. Perayaan Imlek yang melibatkan para siswa juga sebagai pembelajaran atas sikap saling menghargai perbedaan.

Atraksi barongsai juga menyambut para pengunjung objek wisata di kawasan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dalam libur yang bertepatan dengan perayaan Imlek 2019, barongsai berkeliling dan menyapa pengunjung. Menyemarakkan tahun baru China, tempat wisata tersebut juga dipasang ornamen bertema Imlek. (Galuh Garmabrata)