Sukses

Perayaan Imlek, Anies Baswedan Akan Datangi Petak Sembilan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menyambangi kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat saat perayaan Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menyambangi kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat saat perayaan tahun baru Imlek. Dia menyebut merayakan di lokasi tersebut merupakan salah satu rutinitas tahunannya.

"Kemungkinan besar saya ke Petak Sembilan seperti biasa. Setiap tahun saya ke Petak Sembilan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (4/2/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengharapkan, perayaan Imlek di DKI Jakarta berjalan lancar. Bahkan dia meyakini situasi perayaan di ibu kota aman.

"Insyaallah situasi aman. Tentu aparat keamanan sudah disiapkan tapi kita tidak ada tanda-tanda akan ada apa-apa," ucap Anies.

Sementara itu, Wihara Dharma Bakti di Petak Sembilan, Tamansari, Jakarta Barat mulai ramai dipenuhi pengunjung yang ingin beribadah jelang Tahun Baru Imlek 2019.

Pengurus Yayasan Wihara Dharma Bakti, Gunawan Diayaputra mengatakan, patung dewa dan dewi pun sudah dibersihkan sebagai salah satu tradisi dari tahun ke tahun. Begitu juga dengan penggantian baju Dewi Kwan Im, yang merupakan dewi yang dipuja di wihara ini.

Menurut dia, pengunjung yang datang untuk beribadah jumlahnya bisa mencapai 8.000 hingga 10.000 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Ribu Personel

Sebelumnya, ribuan personel gabungan diturunkan sejak Senin sore untuk mengamanan Tahun Baru Imlek, Selasa 5 Februari 2019. Mereka akan disebar di seluruh wihara yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"(Personel) gabungan TNI-Polri akan menjaga dan nanti juga dibantu oleh Dinas Kebakaran, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP. Jajaran menyiapkan 5.263 personel. Itu dari Polda sampai tingkat Polsek. Sejak sore kita lakukan penjagaan kemudian kita lakukan pengecekan semuanya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (4/2/2019).

Selain tempat ibadah, para personel gabungan juga akan disiapkan di tempat-tempat rekreasi.

"Kemudian kedua adalah tempat rekreasi baik itu di mal, atau di tempat lain. Ada di Monas, Ragunan dan sebagainya. Karena dengan liburan ini dimanfaatkan bukan hanya orang yang beribadah, masyarakat lain pun juga rekreasi," kata Argo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.