Kondisi Artis VA, Ditahan Polda Jatim hingga Minta Penangguhan Penahanan

Oleh Devira Prastiwi pada 04 Feb 2019, 19:15 WIB
Artis VA (Foto: Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Artis VA sudah keluar dari Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Jatim. Kondisi kesehatannya seketika menurun setelah menjalani pemeriksaan selama lebih dari 10 jam pada Kamis, 30 Januari 2019.

Setelah tiga hari dirawat, akhirnya pada hari ini, Senin (4/2/2019), artis VA keluar dari rumah sakit. Sebelum masuk rumah sakit, ia ditetapkan sebagai tersangka dalam rangkaian kasus prostitusi online yang diungkap Polda Jawa Timur di Surabaya pada 5 Januari lalu.

Dari hasil pemeriksaan digital forensik, artis VA diduga terlibat dalam penyebaran atau transmisi konten asusila melalui media elektronik. Usai keluar dari rumah sakit, ia pun dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jatim.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera. Ia menyatakan artis VA sudah dipindah ke Rutan Polda Jatim.

Berikut kondisi terkini artis VA dihimpun Liputan6.com:

 

Wapres JK Sampaikan Belasungkawa ke Menlu Selandia Baru
2 of 5

1. Sudah Keluar RS

Artis VA
Artis VA (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selama kurang lebih tiga hari, akhirnya artis VA keluar dari RS Bhayangkara Polda Jatim. Ia didiagnosis mengalami maag akut serta sinusitis sehingga harus menjalani perawatan intensif.

Namun kini, artis VA sudah keluar dari rumah sakit. Dia sudah dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jatim.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera. Ia menyatakan VA sudah dipindah ke Rutan pada Senin (4/2/2019) pagi.

"Sudah tadi pagi kata dokter RS Bhayangkara," ungkap Barung.

 

3 of 5

2. Serahkan Barang ke Tante

Artis VA (Foto: Dian Kurniawan)
Artis VA (Foto: Dian Kurniawan)

Tersangka kasus dugaan prostitusi online di Surabaya, artis VA akhirnya resmi mendekam di Rutan Polda Jatim Jatim, Senin (4/2/2019) pagi.

Polda Jatim menyerahkan sejumlah barang pribadi milik artis VA berupa pakaian dan peralatan make up yang dikemas dalam satu koper dan diserahkan kepada tante VA, Reni Setyawati.

Reni Setyawati mengaku akan membawa barang-barang milik VA itu ke rumahnya di Surabaya. "Iya itu barang-barangnya, semuanya ini mau saya bawa pulang ke rumah," kata Reni.

Koper yang penuh dengan gambar perempuan berbagai pose itu diangkat oleh seorang sopir lelaki menuju mobil Toyota Rush warna merah, sekitar pukul 09.30 WIB.

 

4 of 5

3. Minta Penangguhan Penahanan

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) secara resmi menahan artis VA terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya.
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) secara resmi menahan artis VA terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Artis VA akhirnya resmi menjadi tahanan Rutan Polda Jatim. Meski pasrah, kerabat VA berharap pengajuan penangguhan penahanan dikabulkan penyidik.

Karena faktor kesehatan, pengacara artis VA pun mengajukan penangguhan penahanan. Hanya saja, kata Milano, belum ada keputusan dari kepolisian yang menangani kasus kliennya itu.

"Ya sudah kita lihat saja nanti ke depannya. Kita sudah mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Ya tinggal dari pihak kepolisian dan penyidik saja seperti apa," imbuh Milano Lubis.

"Sudah mengajukan. Hari itu juga (ditetapkan ditahan). Jadi penjaminnya itu tantenya dari mamanya. Enggak (bukan orangtua). Dari pihak mamanya penjaminnya," paparnya.

Jika penangguhan penahanan ini dikabulkan, pengacara percaya bahwa kliennya akan kooperatif. Sebab, selama ini ia menyebut bahwa artis VA selalu memenuhi panggilan polisi.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya siapa yang menjadi penjamin atas penangguhan penahanan artis VA. Jawabannya rupanya bukanlah ayahnya, melainkan pihak keluarga yang lain.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓