Sukses

Tahun Baru Imlek 2019, Berburu Angpau di Wihara Dharma Bakti Glodok

Pengemis lainnya tampak menunggu di bawah naungan payung masing-masing. Sinar matahari yang terik tidak memupuskan semangat mereka menunggu sedekah.

Liputan6.com, Jakarta Asap dan aroma dupa wangi tercium sesaat sebelum memasuki Wihara Dharma Bakti di Tamansari, Jakarta Barat. Beberapa pengunjung terlihat mengangkat dupa tinggi di atas kepala mereka, berdoa untuk tahun baru Cina yang lebih baik lagi.

Di sisi lain wihara, puluhan pengemis musiman memenuhi area lapangan untuk menunggu pembagian angpau Tahun Baru Imlek. Hal ini merupakan kegiatan yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

"Sudah menunggu dari pagi ini, tahun ini lagi sepi. Biasanya sudah ada nasi Padang jam segini, tapi sekarang belum ada," ujar salah seorang pengemis, Vivi, di Wihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta, Senin (4/2/2019) siang.

Ratusan pengemis memadati halaman Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Senin (4/2/2019). Mereka menunggu sedekah para pengunjung wihara yang ingin berbagi rezeki.

Vivi sendiri merupakan warga Karang Anyar, Jakarta Pusat, yang setiap tahun datang ke Wihara Dharma Bakti sehari sebelum Imlek. Dia berharap mendapat berkah angpau yang dibagikan pengunjung yang ingin bersedekah.

"Ya dikasih Rp 2.000 tadi sama orang baik aja, yang mau amal, yang mau ibadah. Tapi ini dorong-dorongan kan tadi, jadi diminta tertib," ujarnya sambil tersenyum.

Pengemis lainnya tampak menunggu di bawah naungan payung masing-masing. Sinar matahari yang terik tidak memupuskan semangat mereka menunggu sedekah.

Vivi mengaku, ia akan menunggu seharian di wihara. Ia juga ingin melihat atraksi barongsai bersama dengan anaknya. Walau atraksi tersebut belum pasti ditampilkan, ia akan tetap sabar menunggu.

"Kadang suka ada barongsai, ini bagi-bagi angpau juga bakal terus ada sampai seminggu, jadi akan ke sini terus nunggu angpau," dia menegaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.