Anies Jenguk Pasien DBD dan Tinjau Pelayanan Rumah Sakit di Pasar Minggu

Anies Jenguk Pasien DBD dan Tinjau Pelayanan Rumah Sakit di Pasar Minggu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi pasien demam berdarah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (4/2/2019), Gubernur Anies meninjau langsung pelayanan rumah sakit dan menjenguk pasien DBD yang didominasi anak-anak. Anies datang didampingi istrinya dan kepala dinas kesehatan DKI Jakarta.

Sejak awal 2019, tercatat 876 pasien demam berdarah di Provinsi DKI Jakarta.

Di RSUD Pasar Minggu masih terdapat 49 pasien yang masih dirawat intensif. Sebanyak 26 pasien adalah anak-anak.

"Mari kita periksa lingkungan di sekitar kita, pastikan tidak ada air yang menggenang dan jentik-jentik yang tumbuh, dan izinkan petugas Jumantik untuk menjalankan tugasnya" ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu, jumlah penderita demam berdarah di Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, terus meningkat. Dalam satu bulan terakhir sudah ada 163 pasien yang dirawat di RSUD Talang Ubi, Pali. Sebagian besar pasien merupakan anak-anak.

Jumlah penderita DBD di Kabupaten Pali terbilang cukup tinggi dan diperkirakan akan terus meningkat.

Di Bojonegoro, Jawa Timur, ruang perawatan anak RSUD Sosodoro Djatiekoesomo dipenuhi pasien anak yang mengalami demam tinggi diduga terjangkit DBD. Membludaknya jumlah pasien hingga membuat sebagian pasien harus dirawat di lorong rumah sakit demi mendapatkan perawatan intensif.

Selain itu, di Kabupaten Bojonegoro, hingga Januari 2019 tercatat ada 211 kasus DBD dengan empat pasien meninggal dunia. Meski belum ditetapkan sebagai kejadian luar biasa, dinas kesehatan setempat tetap mengupayakan tindakan pencegahan dan pemberantasan nyamuk dan virus DBD. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Mevi Linawati pada 04 February 2019, 08:02 WIB

Video Terkait

Spotlights