Lewat Vlog di Youtube, Ahok Bocorkan Format Shownya

Oleh Mevi Linawati pada 02 Feb 2019, 16:10 WIB
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat mengurus dokumen kebebasannya. (Instagram @basukibtp)

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok memberi bocoran mengenai program show yang akan dibuatnya. Program tersebut telah lama disebut, sejak mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Bocoran tersebut disampaikan Ahok dalam akun video berbagi youtube, Panggil Saya BTP berjudul BTPVLOG #4 - BELAJAR NGEVLOG. Video tersebut dibagikan pada Jumat 1 Februari 2019.

Hingga Sabtu (2/2/2019), vlog tersebut telah ditonton 123,778 akun.

"Karena saya baru di dunia VLOG, maka saya harus belajar dari awal mengenai cara membuat VLOG, serta peralatan apa saja yang digunakan. Saya belajar mengenai hal ini dari @Goenrock (youtube.com/goenrock). Tidak hanya itu, dia menemani saya untuk membeli peralatan VLOG," demikian tulis akun Panggil Saya BTP.

Dalam perbincangannya dengan @Goenrock yang merupakan content creator, saat ke toko kamera, Ahok membeberkan rencananya membuat show yang namanya masih dirahasikan. Apa saja kontennya?

"Kita ini dibilang apa ya, mencakup banyak hal. Namanya juga memberi arti hidup ke orang," kata Ahok di vlognya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok dalam vlognya. (foto: akun youtube Panggil Saya BTP)

Dia menuturkan, konten pertama ada empat segmen. Segmen pertama, seperti stand up comedy. Dia akan mengundang komika dan bekerja sama dengan mereka.

"Saling celetuk, yang penting orang yang menonton bisa melupakan kesulitan hidup sejenak," kata dia.

Segmen kedua, lanjut Ahok, tentu orang ingin mengetahui komentar komentarnya terhadap BTP atau berita terkini populer.

"Saya juga akan undang host yang kompeten juga untuk mengomentari itu. Ganti ganti, kita undang orang untuk komentar," kata dia.

Segmen ketiga, Ahok membagikan pengalamannya selama di tahanan karena kasus penistaan agama. "Segmen empat kami mau menyanyi, saya ada band BTP, band teman penjara. Saya ciptakan 1 lagu, somebody kinder," kata Ahok.

2 of 3

Alasan Belajar Ngevlog

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ngevlog pertama kali usai bebas dari penjara. (Youtube: Panggil Saya BTP)

Sementara itu, dalam video tersebut, Ahok minta dibantu mencari kamera yang cocok dan bagus untuk membuat vlog. Dia juga ingin belajar teknik pengambilan angel seperti bagaimana angel di dalam mobil dan di luar ruangan.

"Jadi kalau saya jalan minimal kan bisa lah," lanjut Ahok.

Dia menjelaskan, akan jalan-jalan keluar negeri kurang lebih 2,5 bulan hingga tiga bulan. Sehingga butuh rekomendasi kamera dan alat apa saja yang cocok untuk membuat vlog.

Mengenai masalah pengeditan, dia menyerahkan kepada orang yang lebih profesional. 

"Yang penting saya diajarin cara ambil sudutnya bagaimana supaya editnya gampang. Kalau saya ambilnya salah, kasihan yang editnya. Kalau dipaksain juga hasilnya mungkin juga enggak bagus. Saya juga tidak mau terlalu panjang, yang penting penting saja, kita mau sampaikan apa," tutur Ahok.

Ahok berharap, waktu 2,5 bulan di luar negeri bisa mendapat inspirasi dari negara-negara yang dikunjunginya. 

"Vlog saya itu pengennya dapat sesuatu yang menginspirasi saya atau memberi pencerahan. Istilahnya bagaimana kita menemukan arti hidup," kata Ahok.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓