Sukses

Jokowi: 4 Tahun Saya Dihina dan Difitnah, Saya Sabar   

Jokowi selalu menerapkan prinsip sabar dan diam. Namun, menurut dia semua tuduhan itu perlu untuk dijawab dan diluruskan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bertemu KH Maemoen Zubair atau Mbah Moen di Ponpes Al-Anwar Rembang Jawa Tengah. Didepan Mbah Moen dan para santri, Jokowi juga curhat bahwa selama empat tahun ‎ini dirinya selalu dimaki, dihina serta difitnah.

"Saya sudah 4 tahun ini entah direndahkan dimaki dihina, difitnah. Saya diem saja. Sabar, sabar ya Allah, sabar," kata Jokowi di Ponpes Al-Anwar Rembang Jawa Tengah, Jumat, 1 Januari 2019.

Jokowi selalu menerapkan prinsip sabar dan diam. Namun, menurut dia semua tuduhan itu perlu untuk dijawab dan diluruskan.

"Masa 4 tahun dibilangin PKI, ya saya diem. Lalu saya dibilang anti ulama, kriminalisasi ulama. Masa saya diem. Bagaimana saya anti ulama, tiap minggu saya masuk pondok pesantren," ujar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meluruskan fitnah tentang anti ulama yang dihadapkan kepadanya. Jokowi mengatakan bahwa dalam setikap kunjungan kerjanya, dia selalu berailaturahmi ke Ponpes.

"Hari Santri 22 oktober itu siapa yang tanda tangan Kepresnya? Masa anti ulama tanda tangan hari santri. Logikanya harus kita pakai. Kalau‎ kata Cak Lontong, mikir...mikir...mikir," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantah Kriminalisasi Ulama

Jokowi juga menyinggung dirinya yang dituduh mengkriminalisasi ulama. Dihadapan ribuan santri, ‎Jokowi menjelaskan isu tersebut.

"Ulama mana yang dikriminalisasi? Yang namanya kriminalisasi itu, tidak punya kasus hukum, kemudian masuk ke sel," tutur dia.

"Kalau ada kasus hukum,ada yang melaporkan. Aparat bawa ke penyelidikan, penyidikan dibawa lagi ke pengadilan. Nanti yang putuskan pengadilan. Kalau dianggap tidak salah pasti bebas," sambung Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Beriktu Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.