Sukses

Presiden Serahkan Sertifikat Sambungan Listrik Gratis Kepada Warga di Muara Gembong

Program Sambungan Listrik daya 450 VA Gratis Sinergi BUMN merupakan program nasional seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo melakukan penyalaan listrik sejumlah rumah warga yang kurang mampu di kecamatan Muara Gembong Kota Bekasi, Jawa Barat Rabu (30/1). Selain menyalakan listrik Jokowi juga menyerahkan secara simbolis sertifikat sambung listrik gratis program dari sinergi BUMN.

Penyambungan listrik gratis diberikan bagi 309 rumah milik keluarga yang tidak mampu. 

"Sekarang sudah punya listrik sendirinya bu, tidak numpang lagi, jadi lebih hemat bayar listrik sekarang," ujar Jokowi kepada warga di Bekasi, Rabu (30/1/2019). Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Rini Soemarno Direktur Utama PLN, Sofyan Basir dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

 

Program Sambungan Listrik daya 450 VA Gratis Sinergi BUMN merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di wilayah Jawa Barat tercatat sudah tersambung 105.000 rumah, dari target 235.000 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

BUMN yang berpartisipasi dalam Program Sponsorship Sinergi BUMN Penyambungan Listrik Gratis untuk Masyarakat Miskin tersebut sebanyak 34 BUMN dan 1 Anak Perusahaan yaitu PLN, Bulog, Jamkrindo, Pegadaian, Semen Indonesia, Dahana, Perhutani, BRI, Pindad, Telkom & Telkomsel, BNI, Airnav, Askrindo, Waskita, PTPN III Holding (PTPN VIII), Jasa Marga, Jasa Raharja, Jasindo, Biofarma, KAI, Hutama Karya, Telkomsel, Pertamina, Mandiri, Angkasa Pura 2, Pelindo 2, BTN, PIHC, WIKA, PP, PGN, Antam, Taspen, ASDP dan POS.

 

Dalam pelaksanaan program ini, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA yang cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi, hingga menyalakan lampu. Untuk biaya, PLN dan Asosiasi Instalatir memberikan keringanan Biaya Penyambungan dan Pemasangan Instalasi sebesar 50%, sehingga biaya yang perlu dibayar oleh Sinergi BUMN hanya sebesar Rp. 500.000.

“Melalui listrik PLN, mereka dapat melakukan banyak penghematan untuk pengeluaran perbulannya. Dan kami harapkan bantuan sambung listrik gratis ini juga bisa memberikan dampak positif bagi ekonomi warga” Ujar Sofyan Basir dikutip dari website resmi PLN.

Sofyan menambahkan program sinergi BUMN ini membantu warga tidak mampu sesuai data TNP2K untuk membayar biaya pasang baru listriknya.

“Sekarang mereka bayar sekitar 30 ribu per bulan listrik PLN. Untuk lampu, televisi dan penanak nasi serta alat elektronik lainya,” tegas Sofyan.

Diharapkan dengan program ini akan semakin banyak masyarakat miskin yang kesejahteraannya semakin baik dan BUMN Hadir Untuk Negeri tidak henti-hentinya terus melakukan upaya kerja nyata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini