Sukses

Uji Kelayakan Tertutup, 3 Cawagub DKI Dicecar soal Ini

Salah satunya akan dipilih sebagai wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno.

Liputan6.com, Jakarta - Ketiga calon wakil gubernur DKI Jakarta yakni Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Abdurahman menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Hotel Aston, Jakarta Selatan. Salah satunya akan dipilih sebagai wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno. 

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan, dalam rangkaian fit and proper test yang digelar tertutup tersebut ketiga cawagub ditanyakan mengenai rencana kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah daerah sekitarnya.

"Ditanyakan oleh para panelis kepada kandidat, yang didalami adalah bagaimana rencana kerja sama dengan Pemda penyangga," kata Syakir, Minggu (27/1/2019).

Tak hanya itu, dia menyebut tim panelis juga mempertanyakan lebih dalam mengenai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta dan beberapa kerjasama lainnya. Syakir menyatakan ketiganya dapat menjawab dengan baik.

"Terkait dengan DPRD, kemudian juga support untuk pencapaian visi-misi gubernur seperti apa, dan isu-isu Jakarta," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Panelis

Usai fit and proper test, Syakir menyebut ketiga cawagub akan melaksanakan focus group discussion (FGD) atau konsultasi publik bersama beberpa tokoh ternama.

"Tanggal 3 Februari akan FGD. Siapa yang diundang adalah para tokoh dalam akseptabilitas publik," jelasnya.

Sementara itu, empat orang panelis yang ditunjuk saat fit and proper test yakni Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif, Peneliti LIPI Siti Zuhro, Pakar Kebijakan Publik Eko Prasodjo, dan Pengamat Politik Ubedilah Badrun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.